Pembangunan Aplikasi Dashboard Untuk Analisa Efektivitas Marketing Online Berbasis Website (Studi Kasus: Digital Marketing Malang)

Fadly, Ubaidillah Hakim (2019) Pembangunan Aplikasi Dashboard Untuk Analisa Efektivitas Marketing Online Berbasis Website (Studi Kasus: Digital Marketing Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Digital Marketing Malang merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang marketing online atau internet marketing yang menyediakan jasa berupa pemasangan iklan beserta optimisasinya di social media maupun search engine. Dalam pelaksanaan usahanya terdapat sebuah permasalahan utama yang dialami dan dirasakan oleh pihak Digital Marketing Malang. Permasalahannya adalah ketika menjalankan pemasangan iklan pada Social Media Advertising (SMA) seperti Facebook dengan menggunakan teknik splitting, DMM akan merasa kesulitan dan kerepotan ketika menghentikan banyak iklan dalam satu waktu, sedangkan ketika banyak iklan yang berjalan akan membuat biaya anggaran iklan juga semakin banyak atau dalam istilah Digital Marketing Malang disebut boncos. Perlu diketahui untuk dapat menghasilkan racikan iklan yang pas dan menguntungkan diperlukan banyak iklan untuk mengiklankan 1 produk yang sama atau dalam istilah digital marketing disebut dengan splitting. Sehingga ketika menjalankan banyak iklan dan kemudian mendapatkan wawasan dari keseluruhan iklan tersebut, maka akan dilakukan analisis untuk mengetahui iklan dengan racikan yang pas atau efektif dan iklan yang kurang efektif. Untuk iklan yang pas akan dilakukan pemfokusan iklan agar lebih efektif sedangkan iklan yang kurang efektif akan dihentikan agar tidak menghabiskan anggaran iklan dengan sia-sia. Untuk itulah dilakukan pembangunan aplikasi dashboard untuk Analisa efektivitas marketing online yang bisa melakukan pengecekan otomatis setiap 1 jam sekali terhadap iklan yang berjalan dalam satu set iklan dan akan mengambil iklan teratas yang diinginkan dan menghentikan iklan yang kurang efektif. Proses pembangunan aplikasi perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan waterfall. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: studi literatur, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, pengambilan kesimpulan dan saran. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan basis website dengan bahasa pemrograman PHP. Pengujian yang dilakukan berupa pengujian unit yang menghasilkan nilai 100% valid dari 3 kasus uji, pengujian integrasi yang menghasilkan nilai 100% valid dari 1 kasus uji, dan pengujian validasi yang menghasilkan 100% valid dari 52 kasus uji.

English Abstract

Digital Marketing Malang is a service business focus in marketing online or internet marketing that provide social media advertising and search engine optimization service. In the implementation Digital Marketing Malang found a main problem, when running ads in Social Media Advertising (SMA) like a facebook ads with splitting strategy, they will be difficulties and hassles when trying to stop many ads running in the same time, even though the budget ads will absolutely spend a lot that follow the many of ads. For you information, when try to running ads perfectly we must provide many of ads for 1 goods. So, when running a lot of ads and we got an insight wes must keep the perfect one or whatever do you need and stop other ads early, because the other ads will spend not under control which can spend budget quickly. Based on the main problem, they need a dashboard application development to analyze ads effectiveness that can checking the ads once a hour and pick the most effectiveness and shutdown the ads others, so they can save the budget of ads more efficient. The application development process for this research is waterfall model approach. The steps taken in this research are: literatur study, requirement analysis, design, implementation, testing, taking conclusion and suggestions. This application developing with PHP language. The testing include unit testing get 100% valid from 3 test case, Integration testing get 100% valid from 1 test case, and validation testing get 100% valid from 52 test case

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/525/051905908
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing Malang, PHP, cURL, Cron Job, Facebook Marketing API, Malang Digital Marketing, PHP, cURL, Cron Job, Facebook Marketing API.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:25
Last Modified: 25 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171703
[thumbnail of Skripsi - Ubaidillah Hakim Fadly (2).pdf]
Preview
Text
Skripsi - Ubaidillah Hakim Fadly (2).pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item