Evaluasi Kualitas Sistem Informasi Perencanaan Dan Penganggaran Badan Perencanaan, Penelitian, Pengembangan Kota Malang Dengan Technology Acceptance Model (Tam) Termodifikasi

Arifudin, Asa (2019) Evaluasi Kualitas Sistem Informasi Perencanaan Dan Penganggaran Badan Perencanaan, Penelitian, Pengembangan Kota Malang Dengan Technology Acceptance Model (Tam) Termodifikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Informasi Perencanaan dan Penganggaran adalah sistem informasi berbasis website yang dibangun oleh Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Kota Malang untuk membantu proses perencanaan Pemerintah Daerah. Namun dalam pelaksanaannya sering terdapat kendala teknis yang mengakibatkan proses perencanaan selesai tidak sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan lebih jauh mengenai tingkat penerimaan Sistem Informasi Perencanaan dan Penganggaran dengan menggunakan variabel yang diadopsi dari model penelitian Technology Acceptance Model (TAM) yang telah dimodifikasi yaitu variabel perceived usefulness, perceived ease of use, user characteristics, system quality dan top management and IT support dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung menggunakan kuesioner yang terdiri dari 29 pernyataan kepada 100 responden pengguna Sistem Informasi Perencanaan dan Penganggaran yang tersebar pada seluruh instansi Pemerintahan Kota Malang yaitu 19 dinas, 6 badan, 1 inspektorat, 1 satpol PP, 1 sekretariat DPRD, 10 bagian, 5 kecamatan dan 57 kelurahan. Sebanyak 94 kuesioner berhasil didapatkan yang menunjukkan tingkat partisipasi responden sebesar 94%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 2 variabel medapatkan kategori sangat tinggi yaitu variabel top management and IT support sebesar 79,68% dan variabel perceived usefulness sebesar 78,38%. Dan 2 variabel sisanya mendapatkan kategori tinggi yaitu variabel system quality sebesar 65,90% dan perceived ease of use sebesar 68,06%. Rekomendasi yang diberikan untuk memperbaiki tingkat penerimaan yaitu melakukan evaluasi secara teknis yaitu melakukan pengujian terhadap sistem seperti yang terdapat pada siklus hidup pengembagan sistem informasi, dilakukan juga pelatihan dan sosialisasi kepada pengguna secara intensif dan rutin setiap mendekati fase penggunaan sistem untuk meningkatkan pemahaman terhadap sistem dan menyediakan call center sebagai tempat pengaduan jika menemukan kesulitan dan platform untuk menyampaikan aspirasi, kritik dan saran sebagai bahan evaluasi

English Abstract

Planning and Budgeting Information System is a website-based information system built by Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Kota Malang to assist the government planning process. However, some technical issues were found during its implementation that caused unsatisfying result. This research was conducted to describe the level of acceptance of the Sistem Informasi Perencanaan dan Penganggaran by using variables adopted from the modified Technology Acceptance Model (TAM) research model, namely perceived usefulness, perceived ease of use, user characteristics, system quality and top management and IT support using descriptive statistic analysis. Data were collected using questionnaires consisting of 29 statements to 100 respondents users of Sistem Informasi Perencanaan dan Penganggaran which were distributed to all Malang City Government agencies, consisting of 19 offices, 6 institution, 1 inspectorate, 1 public order enforcers, 1 council secretariat, 10 department, 5 sub-districts and 57 urban villages. A total of 94 questionnaires were obtained which showed the 94% respondents' participation rate. The results of the study showed that 2 variables obtained very high categories, namely the top management and IT support variables at 79.68% and the perceived usefulness variables at 78.38%. The remaining 2 variables get a high category. Those were system quality variables at 65.90% rate and perceived ease of use variables at 68.06%. Recommendations given to improve the level of acceptance are conducting technical evaluations by testing the system as in the systems development life cycle, conducting intensive training and dissemination to the users towards the system usage phase to improve understanding of the system and providing a call center to handle customer services including aspirations, criticisms and suggestions from customers for evaluating the system

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/343/051905661
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, Technology Acceptance Model, system quality, top management and IT support, perceived ease of use, perceived usefulness/Information system, Technology Acceptance Model, system quality, top management and IT support, perceived ease of use, perceived usefulness
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.068 Information technology--Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jul 2020 05:55
Last Modified: 30 Jul 2020 05:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171692
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item