Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan dalam Bahasa Inggris Menggunakan Speech Recognition (Studi Kasus: RA Al-Mawaddah)

Anggraeni, Rahma Nur (2019) Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan dalam Bahasa Inggris Menggunakan Speech Recognition (Studi Kasus: RA Al-Mawaddah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini di mulai dengan pengenalan pada lingkungan. Salah satunya adalah materi buah-buahan. Nama buah-buahan adalah materi yang wajib dikenalkan pada anak usia dini. Materi yang diajarkan dalam belajar bahasa Inggris antara lain membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara. Dalam pengajaran bahasa Inggris pada anak usia dini guru sebatas memberikan materi tentang mendengarkan dan berbicara. Sehingga untuk belajar sendiri, siswa masih belum bisa karena harus memperoleh bantuan dari guru atau orang tua. Dari permasalahan tersebut, penulis membuat aplikasi pembelajaran berbasis mobile dan menggunakan fitur speech recognition sebagai media belajar berbicara dalam Bahasa Inggris. Dalam pengembangan aplikasi, penulis memanfaatan Android Speech Recognition. Android Speech Recognition adalah suatu library yang disediakan oleh Android untuk mengidentifikasi suara dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal digital tersebut dengan suatu pola yang tersimpan dalam database. Pemanfaatan Android Speech Recognition untuk pengembangan media pembelajaran bahasa Inggris tentunya akan mempermudah proses kegiatan pembelajaran baik oleh guru maupun siswa. Berdasarkan hasil observasi didapatkan kebutuhan fungsional aplikasi yaitu Mengetahui Kemampuan Pengucapan Nama Buah dalam Bahasa Inggris, Mengetahui Pengucapan Nama Buah dalam Bahasa Inggris, dan Melakukan Kuis. Dari kebutuhan fungsioanal yang di dapatkan, dilakukan perancangan sistem kedalam Squence diagram, dan class diagram. Kemudian dilakukan implementasi pada kode program dan antarmuka. Setelah itu dilakukan pengujian validasi, usability dan akurasi. Dari hasil pengujian validasi di dapatkan bahwa kebutuhan fungsional yang di harapkan dari aplikasi berstatus valid. Aplikasi atau sistem telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan. Berdasarkan hasil pengujian usability didapatkan hasil 81,56%, yaitu aplikasi bersifat valid atau pengguna aplikasi dapat mengoperasikan sistem dengan baik serta dapat membantu proses pembelajaran. Untuk hasil pengujian akurasi menghasilkan skor 100% dimana penilaian aplikasi sesuai atau sama dengan penilaian oleh guru pembimbing

English Abstract

Learning English for early childhood begins with an introduction to the environment. One of them is fruit material. The name of fruits is material that must be introduced in early childhood. The material taught in learning English includes reading, writing, listening and speaking. In teaching English in early childhood teachers are limited to providing material about listening and speaking. So to learn on their own, students still cannot because they have to get help from the teacher or parents. From these problems, the author makes a mobile-based learning application and uses the speech recognition feature as a medium to learn to speak in English. In developing applications, the author utilizes Android Speech Recognition. Android Speech Recognition is a library provided by Android to identify sounds by digitizing words and matching the digital signals with a pattern stored in the database. The use of Android Speech Recognition for the development of English learning media will certainly facilitate the process of learning activities by both teachers and students. Based on observations, it was found that the functional requirements of the application were: Knowing the ability to pronounce fruit names in English, knowing the pronunciation of fruit names in English, and conducting quizzes. From the functional requirements obtained, system design is carried out into Squence diagrams, and class diagrams. Then the program code and interface are implemented. After that, we tasted validation, usability, and accuracy. From the results of the validation test, it was found that the functional requirements expected from the application were valid. The application or system has been running well and according to the expected needs. Based on usability testing results obtained 81.56%, namely the application is valid or application users can operate the system properly and can help the learning process. For the accuracy test results produce a score of 100% where the appraisal is in accordance with or the same as the assessment by the supervisor teacher

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/309/051905627
Uncontrolled Keywords: Android, Speech Recognition, Aplikasi Pembelajaran, Buah-Buahan/Android, Speech Recognition, Learning Application, Fruits
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jul 2020 05:54
Last Modified: 30 Jul 2020 05:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171691
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item