Pengembangan Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Pendekatan Gamifikasi

Pambudi, Ilham (2019) Pengembangan Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Pendekatan Gamifikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang telah digunakan untuk berkomunikasi oleh hampir seluruh masyarakat di berbagai negara. Kemampuan menggunakan Bahasa Inggris dengan baik sangat dibutuhkan bagi masyarakat Indonesia agar mampu berkomunikasi dengan baik di tingkat dunia. Kesulitan dalam mempelajari Bahasa Inggris sangat banyak dialami oleh para pembelajar. Berbagai alasan pembelajar merasa kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris, di antaranya disebabkan oleh rasa malas mempelajari kosa kata Bahasa Inggris yang baru, takut salah menggunakan Bahasa Inggris, dan bosan dengan metode pembelajaran yang digunakan oleh pengajar. Empat keterampilan yang harus dikuasai dalam belajar Bahasa Inggris, meliputi witing, reading, listening, dan speaking. Penguasaan vocabulary yang baik merupakan salah satu kunci dalam menguasai empat materi pembelajaran yang dimaksud. Sistem pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan pendekatan gamifikasi merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi dalam mempelajari Bahasa Inggris. Penggunaan konsep gamifikasi menggabungkan konten yang ada dalam sebuah aplikasi game seperti perolehan poin, pencapaian, dan peringkat siswa yang dikemas dalam sebuah materi pembelajaran Bahasa Inggris. Sistem pembelajaran berbasis website dapat diakses dengan tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu, sehingga pembelajar dapat belajar Bahasa Inggris secara mandiri dan fleksibel. Sistem pembelajaran Bahasa Inggris ini dikembangkan dengan model pengembangan perangkat lunak waterfall dengan alur yang diawali dengan rekayasa kebutuhan, serta dilanjutkan dengan perancangan, implementasi, hingga pengujian sistem. Sistem pembelajaran ini telah diuji menggunakan pengujian unit dengan metode white box, serta pengujian validasi dengan metode black box. Berdasarkan dari seluruh tahapan pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa fungsional sistem telah berjalan sesuai dengan perancangan dan data hasil pengujian menunjukkan tingkat validitas 100%.

English Abstract

English has been an international language for communication among global citizens. A good English ability is highly required for Indonesians to be able to communicate with other people around the world. However, learners in Indonesia frequently encounter a myriad of challenges in learning English, including their reluctance to study new English vocabulary, worry of making mistakes, and feeling bored with the conventional teaching methods. The main four English skills that should be mastered by the learners are writing, reading, listening, and speaking. Excellent vocabulary mastery has been one of the key factors to become proficient at those four skills. English learning system using gamification approach serves as one of the solutions to improve learners’ motivation in learning English. The use of gamification concept integrates several elements embedded in game applications, such as point collection, achievement, ranking, which are wrapped as English learning materials. Website-based learning system can be accessed without any place and time constraint, so that learners can study English autonomously and flexibly. This type of English learning system is developed using a software development model ‘Waterfall’ with some certain procedures, including needs analysis, designing, implementation, and system test. This learning system has been examined by testing unit using White box method, and validation test using Black box. Based on a series of the conducted tests, it demonstrated that the functional system has been running as designed and the result of the tests showed a 100% validity level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/373/051905691
Uncontrolled Keywords: English, learning system, gamication, website, software engineering
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jul 2020 05:47
Last Modified: 30 Jul 2020 05:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171646
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item