Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana Dan Prasarana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)

Putra, Kadek Saka Andrika (2019) Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana Dan Prasarana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana dan Prasarana (Simasprana) merupakan aplikasi berbasis Android untuk melakukan pelaporan terkait sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan di sekitar lingkungan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB). Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi pemindaian kode QR dan dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika Filkom UB. Pada pengembangan sebelumnya, belum disertakan keterlibatan pengguna khususnya dalam pengembangan antarmuka pengguna aplikasi. Perlu disertakan partisipasi dari pengguna langung dalam pengembangan antarmuka pengguna dengan harapan mendapatkan timbal balik terkait dengan pengalaman pengguna menggunakan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan persyaratan pengguna dan merancang solusi perbaikan dari segi antarmuka pengguna berdasarkan persyaratan yang didapatkan. Selain itu dilakukan juga perbandingan tingkat usability pada desain awal dan juga desain perbaikan. Dalam proses perbaikan antarmuka pengguna, digunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) dan untuk mendapatkan tingkat usability dilakukan pengujian usability dengan mengukur tiga aspek yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Pengujian dilakukan kepada enam partisipan pada tiga kelompok pengguna. Pada pengujian usability, partisipan diminta untuk menjalankan skenario tugas dan mengisi kuesioner Post Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) untuk mengukur tingkat kepuasan. Rekomendasi perbaikan dibuat dalam bentuk prototipe yang bersifat interaktif. Hasil pengujian pada desain perbaikan menunjukkan peningkatan pada tingkat usability. Pada aspek efektivitas, terjadi peningkatan tingkat kesuksesan sebesar 19.1%. Pada aspek efisiensi, diperoleh peningkatan nilai time-based efficiency (TBE) sebesar 0.054 goals/sec dan 50.6% pada overall relative efficiency (ORE). Pada aspek kepuasan, terjadi peningkatan sebesar 41.2%.

English Abstract

Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana dan Prasarana (Simasprana) is an Android application to report complaints regarding infrastructures in Faculty of Computer Science (Filkom) University of Brawijaya (UB). The application is developed using QR code technology and can be used for all academic community in Filkom UB. In previous development, it did not include user involvement especially in the user interface development. It is necessary to include the participation of users in the development of the user interface in the hope of getting feedback related to the experience of the user when using the application. This study aims to make design recommendations based on users requirements with the objective of making improvements to the user interface design. In addition, this study will also comparing usability scores of the previous design and the design recommendations. In the process of making user interface recommendations, Human Centered Design (HCD) approach is used and to obtain usability scores, usability testing is carried out by measuring three aspects, effectiveness, efficiency, and user satisfaction. The tests is conducted on six participants. In usability testing, participants asked to run several task scenarios and fill out the Post Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) questionnaire to measure satisfaction levels. Design recommendation are made in the form of interactive prototypes. The test results on design recommendations show an increase in the scores of usability. On the aspect of effectiveness, the result of the success rate increased by 19.1%. On the efficiency aspect, the time-based efficiency (TBE) increased by 0.054 goals/sec and the overall relative efficiency (ORE) increased by 50.6%. In the aspect of satisfaction, the result increased by 41.2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/375/051905693
Uncontrolled Keywords: human-centered design, usability, usability testing, PSSUQ
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:24
Last Modified: 05 Aug 2020 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171595
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item