Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) (Studi Kasus: Pt. Xyz)

Bawardi, Fifi Syammariah (2019) Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) (Studi Kasus: Pt. Xyz). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan transportasi umum berbasis aplikasi atau online memiliki dampak yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia. Salah satu layanan transportasi online yang sedang berkembang adalah PT. XYZ. PT. XYZ sebenarnya sudah dirintis sejak tahun 2011, tetapi layanan transportasi online ini melesat sejak peluncuran aplikasinya diponsel Android dan iOS pada awal tahun 2015. Masalah-masalah yang menjadi kendala Driver PT. XYZ juga sering terjadi pada aplikasi PT. XYZ. Dengan demikian untuk mengetahui kondisi dari kepuasan pengguna atas aplikasi, butuh adanya pengukuran tingkat kepuasan aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dari pengaruh kepuasan pengguna akhir terhadap aplikasi driver ojek online pada PT. XYZ dengan menggunakan metode EUCS. Metode ini mengukur kepuasan dengan membandingkan antara penilaian user dengan sistem yang telah ada. Metode ini digunakan karena sesuai dengan permasalahan yang ada pada pengguna Aplikasi Driver PT. XYZ untuk membuat tolak ukur pada dimensi yang ada dalam metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Dimensi yang yang digunakan ialah isi (content), ketepatan (accuracy), bentuk (format), mudah digunakan (ease of use) dan ketepatan waktu (timeliness). Proses menelaah menggunakan EUCS menghasilkan tingkat daya pengaruh setiap komponen EUCS terhadap kepuasan pengguna. Hasil yang diperoleh ada dua variabel komponen EUCS yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi driver ojek online yaitu komponen Accuracy dan Timeliness.

English Abstract

The development of online application based public transportation has a considerable impact on the Indonesian economy. One of the developing online transportation services is PT. XYZ. PT. XYZ has actually been pioneered since 2011, but this online transportation service just hit the spotlight since the launch of its application on Android and iOS phones in early 2015. The problems that have become obstacles for the Driver PT. XYZ also often occurs in their application. Thus, it is important to determine the user satisfaction by measuring the level of satisfaction of the application. This study aims to determine the effect of end-user satisfaction on the application of online motorcycle taxi drivers at PT. XYZ using the EUCS method. This method measures satisfaction by comparing between user ratings and existing systems. The comparison represents the problems that exist on the application user in making the benchmarks on dimensions that exist in the End User Computing Satisfaction (EUCS) method. The dimensions used are content, accuracy, format, ease of use and timeliness. The analyzing process using EUCS results in a level of influence of each component of EUCS on user satisfaction. The results obtained there are two components of the EUCS component which significantly influence the user satisfaction of the online motorcycle drivers application, namely the Accuracy and Timeliness components.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/510/051905893
Uncontrolled Keywords: End User Computing Satifaction (EUCS), Kepuasan Pengguna, Drive, End User Computing Satifaction (EUCS), User Satisfaction, Drivers
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:24
Last Modified: 25 Oct 2021 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171591
[thumbnail of ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI DRIVER OJEK ONLINE MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (2).pdf]
Preview
Text
ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI DRIVER OJEK ONLINE MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item