Jejak Pamageran dan Ngarawunan dalam Membentuk Lanskap Budaya pada Masyarakat Budaya Padi di Kasepuhan Ciptagelar

Budiharta, Annisa Putri (2019) Jejak Pamageran dan Ngarawunan dalam Membentuk Lanskap Budaya pada Masyarakat Budaya Padi di Kasepuhan Ciptagelar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kasepuhan Ciptagelar merupakan masyarakat yang memegang teguh budaya padi hingga sekarang. Masyarakat Ciptagelar menghormati padi dan menganggap bahwa padi memiliki jiwa layaknya manusia. Kepercayaan tersebut diwujudkan dalam setiap aktivitas rutin dan ritual yang berkaitan akan padi. Beberapa aktivitas diantaranya, yaitu ngarawunan dan pamageran menjadi latar belakang terbentuknya lanskap budaya di Kasepuhan Ciptagelar. Pamageran dan ngarawunan menandakan proteksi yang dilakukan di wilayah agrikultur Kasepuhan Ciptagelar. Bagaimana peran kegiatan pamageran dan ngarawunan dalam melindungi kawasan agrikultur di Kasepuhan Ciptagelar? Bagaimana lanskap budaya yang terbentuk dari aktivitas pamageran dan ngarawunan di Kasepuhan Ciptagelar? Penelitian ini bertujuan, mengkaji lingkup proteksi dan pembentukkan teritori di lingkungan agrikultur dalam kegiatan pamageran dan ngarawunan dan mengkaji proses dari pembentukan lanskap budaya dalam wilayah agrikultur di Kesepuhan Ciptagelar berdasarkan kegiatan pamageran dan ngarawunan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-induktif dengan paradigma etnografi-partisipatoris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, perlakuan dalam memproteksi dapat saja membentuk batas teritori, sedangkan, pergerakan yang terjadi dalam pamageran dan ngarawunan dapat saja menjadi ciri khas yang memunculkan lanskap budaya dalam wilayah agrikultur dari Kasepuhan Ciptagelar. Pamageran memiliki keterkaitan pada permukiman-huma-hutan. Sedangkan, ngarawunan memiliki keterkaitan antara permukiman-huma-sawah. Keterkaitan tersebut berkaitan dengan proses proteksi dan kelestarian ekosistem.

English Abstract

Kasepuhan Ciptagelar are society who holds paddy culture up until now. Ciptagelar society respects on paddy and assumes that padih has spirit and soul just like human being. That belief realized in every routine and ritual activities that related to padih. Some activities such ngarawunan and pamageran become the fundamental reason of cultural landscape making at Kasepuhan Ciptagelar. Pamageran and Ngarawunan shows protection that occured at agricultural region of Kasepuhan Ciptagelar. How does the role of Pamgeran and Ngarawunan can defense the agricultural region at Kasepuhan Ciptagelar? How does traditional landscape that happened from pamageran and ngarawunan activities at Kasepuhan Ciptagelar? The aim in this research is reviewing the scope of protection and territory establishment at agricultural environment in pamageran and ngarawunan activities and reviewing the process of traditional landscape establishment in agricultural region at Kasepuhan Ciptagelar based on pamageran and ngarawunan activities. The research use inductive-qualitative as its method and participatory-ethnographic paradigm. The result shows that treatment in protection can form territorial boundaries, meanwhile, movements that occur in pamageran and ngarawh an can be the characteristics to show traditional landscape in agricultural region fron Kasepuhan Ciptagelar. Pamageran has its link to forest-settlement. Whereas, ngarawunan has its link to padih field-settlement. These links related to the process of protecting and ecosystem sustainability.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/414/051905010
Uncontrolled Keywords: Budaya padi, lanskap budaya, ngarawuan, pamageran, teritori. ngarawuan, pamageran , paddy culture, territory, traditional landscape.
Subjects: 700 The Arts > 720 Architecture > 720.9 History, geographic treatment, biography
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:51
Last Modified: 24 Aug 2020 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171569
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item