Perencanaan Jumlah Pengadaan Komponen Mesin Diesel dengan Metode CMRP (Continuous Material Requirement Planning)

Murwani, Dasa Retia (2019) Perencanaan Jumlah Pengadaan Komponen Mesin Diesel dengan Metode CMRP (Continuous Material Requirement Planning). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produksi mesin diesel pada bulan tertentu menggunakan persediaan komponen yang telah disimpan sejak satu bulan sebelumnya. PT. Kubota Indonesia menggunakan metode pengadaan komponen satu bulan sebelum digunakan untuk produksi. Dampak yang dapat ditimbulkan yaitu jumlah stok rata-rata komponen menjadi tinggi. Ukuran pengadaan dalam jumlah yang besar dengan pemindahan bertahap sebenarnya memungkinkan overlapping antar proses produksi (proses perakitan komponen dengan mesin diesel) sehingga dapat memangkas lead time. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi penentuan waktu pengadaan yang memungkinkan overlapping agar tingkat stok komponen pada inventory dapat ditekan dan tidak sampai mengalami overstock. Metode yang digunakan yaitu CMRP (Continuous Material Requirement Planning) dan teknik LFL (Lot for Lot). Continuous Material Requirement Planning (CMRP) digunakan dengan tujuan untuk mengetahui kapan waktu pengadaan komponen mesin diesel. Tahap lotting yang dilakukan menggunakan teknik LFL (Lot for Lot) untuk mengetahui berapa jumlah pengadaan komponen. Kebijakan perusahaan untuk memiliki safety stock menjadi alasan dilakukannya perhitungan jumlah safety stock pada penelitian ini. Hasil dari perhitungan CMRP digunakan untuk menggambarkan MRP dan CMRP komponen agar jumlah stok rata-rata komponen dapat dihitung. Perhitungan jumlah stok rata-rata komponen dilakukan menggunakan metode CMRP dan metode existing. Hasil kedua metode tersebut dibandingkan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode CMRP jumlah stok rata-rata komponen dapat ditekan. Produksi mesin diesel RD85DI-1S yang dilakukan untuk memenuhi permintaan konsumen membutuhkan pengadaan komponen sebesar 118.003 unit pada minggu ke-2, 185.091 unit pada minggu ke-3, 180.299 unit dan 451.047 unit pada minggu ke-4 serta 16.772 unit pada minggu ke-5. Perhitungan safety stock menggunakan metode CMRP menghasilkan jumlah safety stock sebesar 229.782 unit. Penentuan waktu pengadaan komponen mesin diesel RD85DI-1S menggunakan metode CMRP dilakukan pada 5 Desember 2017, 12 Desember 2017, 15 Desember 2017, 19 Desember 2017, dan 22 Desember 2017. Pengadaan komponen mesin diesel menggunakan metode CMRP ini dilakukan hanya ketika terdapat permintaan dari konsumen sehingga jumlah stok rata-rata komponen dapat ditekan.

English Abstract

Production of a diesel engine on specific month use components stock that has been stored on the previous one month. The replenishment method used by PT. Kubota Indonesia is one month before it is used for production. The impact that might be caused is the number of average components stock become high. Replenishment size in large amount with gradual transfer actually can allow an overlapping between the production process (components assembly with diesel engine) so it could cut the lead time. Hopefully, this research could offer a solution to determine replenishment time that enables overlapping so the components stock level on inventory can be pressed and does not overstock. This study use CMRP (Continuous Material Requirement Planning) method and LFL (Lot for Lot) technic. Continuous Material Requirement Planning (CMRP) is used to acknowledge when the replenishment happens for diesel engine components. The lotting stage is done by LFL (Lot for Lot) technic to acknowledge how many components replenishment. Company’s policy to have safety stock become the reason calculation of the amount of safety stock was done in this research. The result of the CMRP count used to reflect MRP and CMRP components so the average component stock can be countable. The average component stock amount resulted from the calculation using CMRP method and existing method. The result of both methods will be compared to acknowledge whether using CMRP method could press the average component stock. The replenishment planning of diesel engine components is carried out in the amount of 118.003 units on the second week, 185.091 units on the third week, 180.299 units and 451.047 units on the fourth week, and 16.772 units on the fifth week. Based on safety stock count, CMRP method resulting 229.782 units for safety stock. The replenishment time for diesel engine components using CMRP method is carried out on 5 December 2017, 12 December 2017, 15 December 2017, 19 December 2017, and 22 December 2017. Components replenishment using CMRP method only done when there is a demand from a customer so it can be used to press the average component stock amount.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/667/051905293
Uncontrolled Keywords: Continuous Material Requirement Planning, Lot for Lot, Safety Stock.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.4 Prime movers and heat engineering > 621.43 Internal - combustion engines > 621.436 Diesel and semidiesel engines > 621.436 1 general topics of diesel and semidiesel engines / Diesel motor--Combustion
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Nov 2020 14:46
Last Modified: 09 Nov 2020 14:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171546
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item