Evaluasi Usability Dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Website Perpustakaan Kota Malang Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik

Dzazuly, Rahmad Zapriant Agiel (2019) Evaluasi Usability Dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Website Perpustakaan Kota Malang Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan kota Malang memiliki website resmi untuk membantu masyarakat dalam menggunakan layanan dari jarak jauh. Fitur yang ditawarkan website perpustakaan cukup beragam, mulai dari melihat koleksi buku sampai perpanjangan waktu peminjaman yang dilakukan secara online. Berdasarkan hasil wawancara kepada salah satu anggota perpustakaan dan observasi, terdapat keluhan atau masalah usability pada website perpustakaan kota Malang yaitu, tidak adanya pesan kesalahan ketika pengguna salah memasukkan password atau username dan penggunaan bahasa yang tidak konsisten. Berdasarkan masalah tersebut, maka dilakukkannya evaluasi dan perbaikan usability terhadap antarmuka pengguna website perpustakaan kota Malang menggunakan metode heuristik. Metode evaluasi heuristik ini adalah metode untuk menemukan masalah usability pada suatu antarmuka pengguna berdasarkan 10 prinsip heuristik milik Nielsen. Evaluasi heuristik ini melibatkan 4 orang expert sebagai evaluator. Dari hasil evaluasi didapatkan temuan masalah sebanyak 45 masalah yang terbagi ke dalam 8 dari 10 prinsip heuristik. Prinsip heuristik dengan persentase temuan masalah terbanyak adalah prinsip heuristik (H-8) Aesthetic and minimalist design dengan 31,67 % dari seluruh temuan masalah. Sedangkan prinsip heuristik yang memiliki tingkat severity rating yang tertinggi adalah prinsip heuristik (H-5) Error prevention dengan severity rating sebesar 3,06 dari 4 masalah yang ditemukan. Dari temuan masalah tersebut diberikan rekomendasi perbaikan terdiri dari 2 jenis perbaikan yaitu, rekomendasi perbaikan fungsionalitas dan rekomendasi perbaikan desain antarmuka pengguna. Rekomendasi perbaikan yang telah dibuat kemudian dievaluasi kembali oleh evaluator. Hasil yang didapatkan dari evaluasi terhadap rekomendasi perbaikan adalah sebanyak 95,45 % masalah yang berhasil diselesaikan dari total 44 masalah. Harapannya dari rekomendasi perbaikan yang telah dibuat dapat membantu dan menjadi pertimbangan pihak pengembang website perpustakaan kota Malang untuk memperbaiki website perpustakaan kota Malang.

English Abstract

The Malang city library has an official website to help the community to use services from a distance. The features offered by library websites are quite diverse, ranging from viewing the collection of books to adding to the time of borrowing done online. Based on the results of interviews with one of the library members and observations, there were complaints or usability problems on the Malang city library website, that is, there were no error messages compiling users entering passwords or usernames and using languages that were not produced. Based on these problems, the evaluation and improvement usability of the user interface of the Malang library website using heuristic method is carried out. This heuristic evaluation method is a method for finding usability problems in a user's place based on Nielsen's 10 heuristic principles. Evaluating 4 experts as assessors. Of the 45 results obtained from 70 problems divided into 8 of the 10 heuristic principles. The heuristic principle with the majority of the findings of most problems is the Heuristic Principle (H-8) Aesthetic and minimalist design with 31.67% of all problem findings. While the heuristic principle that has the highest severity rating is the heuristic principle (H-5) Prevention of errors with a severity of 3.06 of the 4 problems found. From the findings of this problem, recommendations for improvement consist of 2 types of improvements, namely, recommendations for improving functionality and recommendations for improving user interface design. Recommendations for improvements that have been made are then reevaluated by the evaluator. The results obtained from the evaluation of renewal were 95.45% of the problems that were resolved from a total of 44 problems. The hope of the discussion of improvements that have been made can help and be considered by the developer of the Malang city library website to improve the Malang city library website.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/345/051905663
Uncontrolled Keywords: user interface evaluation, usability, heuristic evaluation, Malang city library website
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2019 01:47
Last Modified: 30 Oct 2019 01:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171490
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item