Analisis Usability Dan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Pemesanan Budget Hotel Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) (Study Pada Airy Rooms)

Putri, Ike Kusuma (2019) Analisis Usability Dan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Pemesanan Budget Hotel Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) (Study Pada Airy Rooms). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Airy Nest Indonesia (AiryRooms) adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan budget hotel berbasis online di Indonesia. Dalam hal peringkat aplikasi mobile AiryRooms menempati peringkat ke-6 di AppStore dan ke-5 di PlayStore, sedangkan aplikasi budget hotel lain mendapat peringkat di bawahnya. Meski telah mencapai jumlah pengguna dan mendapat antusiasme yang cukup banyak, namun dari wawancara dan observasi feedback yang telah dilakukan peneliti terdapat masalah yang terjadi pada saat penggunaan dan adanya persepsi negatif pengguna aplikasi AiryRooms. Seperti adanya perbedaan harga yang tertera diawal dengan proses selanjutnya, kekecewaan pengguna tidak adanya menu untuk reschedule jadwal, adanya pengguna kesulitan dengan metode pembayaran, adanya pengguna merasa tampilan aplikasi monoton, terdapat pengguna tidak dapat mencari lokasi yang diinginkan, adanya pengguna yang mengalami kesulitan memilih tanggal dan memfilter harga. Oleh karena itu, diperlukan adanya identifikasi masalah lebih lanjut untuk mengetahui apa saja yang mungkin terdapat pada aplikasi, serta melakukan pengukuran untuk mengetahui tingkat kemudahan, kecepatan dan tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini berfokus pada evaluasi usability dan user experience pada aplikasi pemesanan online hotel budget Airy Rooms. Pengujian scenario dan wawancara secara langsung kepada pengguna digunakan untuk mengukur tingkat kegunaan (Usability). Selain itu agar mengetahui tingkat kepuasan pengguna dihitung dengan menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Tingkat pengalaman pengguna di ukur dengan mengumpulkan berbagai persepsi menggunakan kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ) dengan 6 skala yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation dan novelty kepada 30 responden. Responden dari penelitian ini berdasarkan kriteria umur dengan rentang usia 18-44 tahun, pada pengujian skenerio dipilih responden yang belum pernah menggunakan aplikasi sedangkan pada pengujian user experience dipilih responden yang sudah pernah menggunakan aplikasi Airy Rooms. Pengumpulan data mulai dilaksanakan pada 9 April 2019 di Malang, dengan melakukan pengujian scenario ke responden dan penyebaran kuesioner secara langsung. Hasil dari pengujian usability menunjukan aspek efficiency sebesar 82% yang berarti aplikasi Airy Rooms masuk dalam kategori baik, aspek effectiveness sebesar nilai 89% yang berarti memiliki tingkat penyelesaian yang berada diatas rata-rata dari standar nilai 78% dan satisfaction diukur menggunakan perhitungan vii kuesioner SUS menunjukan hasil mencapai nilai 78. Hasil dari pengukuran kebergunaan mengisyaratkan bahwa responden merasakan cukup puas dengan kegunaan layanan system pemesanan hotel budget Airy. Hal ini didukung dengan perngukuran terhadap pengalaman pengguna. Aspek kualitas pragmatis memiliki kecenderungan pada skala pengukuran evaluasi yang positif yaitu sebesar 1,65. Artinya pengguna merasakan pengalaman kemudahan dalam mempelajari dan menggunakan, kecepatan dalam menyelesaikan aktivitas serta kepraktisan yang didukung terorganisasinya sistem dengan baik. Selain itu hasil dari pengukuran benchmark UEQ pengalaman pengguna dengan membandingkan pada 246 produk dapat dikategorikan baik. Meskipun secara keseluruhan baik, namun skala novelty mendapat nilai dibawah rata-rata yaitu 0,667. Kebaruan atau novelty sebuah system tidak dirasakan oleh pengguna. tampilan aplikasi monoton serta layanan transaksi yang tersedia dianggap kurang meskipun aplikasi menyenangkan dan mudah digunakan.

English Abstract

PT Airy Nest Indonesia (AiryRooms) is one of companies that provide reservation service of online budget hotel based in Indonesia. The application ranking of Airyrooms mobile take place sixth (6th) rank in the AppStore and fifth (5th) rank in the PlayStore, while other budget hotel applications get under rank below it. Even though it has reached the number of users and has received quite a lot of enthusiasm, however, from the results of interview and feedback observation that have been done by the researcher there are some problems occur during the use and user negative perception of AiryRooms application. Such as difference of price list in the beginning with the next process, user disappointment because of there is no reschedule menu, user difficulties with the payment method, the monotonous application display, the user unable to find the location that they want, the users’ difficulty to choose the date and to filter the price. Therefore, it is necessary to identify the problems continuously to know what might be exist in the application, also to do measurements to know the level of ease, speed and users’ satisfaction level. This research focuses on usability evaluation and user experience in the booking application of AiryRooms hotel budget online. The scenario testing and interview directly with users are used to measure the usability. Besides that, to know the level of user satisfaction is calculated using the User Experience Questionnaire (UEQ) questionnaire with six scales, they are attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation and novelty to thirty respondents. The respondents in this research based on range age criteria 18-44 years, in the scenario testing was selected the respondents who have never used the application, while in the user experience testing was selected the respondents who have used the Airyrooms application. The collecting data started on April 9, 2019 in Malang, by the scenario testing to the respondents and distributing the questionnaire directly. The results of usability testing showed 82% efficiency aspect, it means that AiryRooms application in a good category, the effectiveness is 89%, it means that the completion level is above the average of standard value 78% and satisfaction is measured using SUS questionnaire that showed the result achieved 78. The results of usability measurement indicate that the respondents quite satisfied with the use of booking service system of Airy hotel budget. This is supported by measuring the users’ experience. Pragmatic quality aspect has a tendency on positive evaluation of measurement scale of 1,65. It means that the users’ ix experience feel easy in learning and using, the speed in completing activities and practicalities that supported by a good organized system. In addition, the result of UEQ benchmark of users’ experience by comparing 246 products can be categorized as good. Even though all is good, but the novelty scale gets below average value of 0,667. The novelty of system is not felt by the user. The monotonous application display and transaction service which available are less reputed although the application is fun and easy to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/278/051905596
Uncontrolled Keywords: analysis, user experience, usability, SUS, UEQ, hotel budget
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:49
Last Modified: 24 Aug 2020 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171452
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item