Evaluasi User Experience Game Ragnarok M: Eternal Love dengan Metode Cognitive Walkthrough

Kusamiaji, Achmad Arif (2019) Evaluasi User Experience Game Ragnarok M: Eternal Love dengan Metode Cognitive Walkthrough. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ragnarok M : eternal love adalah game online yang bergenre RPG yang diliris pada tanggal 30 oktober 2018 merupakan versi mobile game ragnarok online komputer. Ragnarok online merupakan game yang sangat populer di Indonesia, hingga sekarang jumlah pemain yang memainkan game ini mencapai 62 juta orang. Dengan potensi yang besar membuat game ini berpotensi untuk menarik pemain lama dan pemain baru untuk bermain game ini walaupun platfrom yang berbeda . Sehingga pengalaman pengguna(User Experience) sangat penting untuk keberhasilan game ini dipasaran, terutama bila aplikasi tersebut baru saja diliris. Aplikasi yang dibuat secara tidak baik dan sulit digunakan akan membuat pengguna sulit menggunakan dan mempelajarinya, sehingga akan membuat aplikasi tersebut jarang digunakan dan tidak laku dipasaran. Untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang baik maka harus dilakukan evaluasi. Metode Cognitive Walkthrough adalah metode evaluasi user experience dimana evaluator memberi tugas berbasis skenario dan pertanyaan kepada pengguna untuk menemukan masalah yang mengganggu proses pembelajaran dan pemahaman aplikasi. Metode baik digunakan pada aplikasi yang baru saja dirilis karena dapat menemukan proses kognitif pengguna ketika pertama kali menggunakan aplikasi. Evaluasi bertujuan untuk mendapatkan kekurangan dari game. Hasil dari evaluasi game Ragnarok M : eternal love menunjukkan bahwa masalah yang terjadi adalah kekurang pahaman pengguna terhadap game dalam tugas bermain game, masalah tampilan yang sulit dipahami pada tugas melakukan login dan masalah tombol yang tersembunyi pada tugas bermain game. Walaupun terjadi masalah, masalah yang terjadi merupakan masalah yang ringan yang tidak mempengaruhi fungsi utama dalam game.

English Abstract

Ragnarok M: eternal love is an online game that released on October 30, 2018, is a mobile game version of the Ragnarok computer. Ragnarok is a popular game in Indonesia until now the players in this game reach 62 million people. With it, this game has the potential to attract old and new players to play, even though the platforms are different. So the user experience is important for the success of this game on the market, especially if the application has just been released. Applications that are made poorly and are difficult to use will make it difficult for users to use and learn, so it will rarely be used and not sold in the market. To get a good user experience, an evaluation is necessary. The Cognitive Walkthrough is a user experience evaluation method where evaluators provide scenario-based tasks and questions to users to find problems that interfere with the learning and understanding process. The method is well used in new applications because they can find the cognitive processes of users when they first use the application and get the weakness of it. The results of the evaluation show that the problem that occurs is the lack of understanding of the game in the gameplay tasks, displays that are difficult to understand on the task of logging and hidden key issues in gameplay tasks. Even though there is a problem, the problem is a mild problem that does not affect the main function in the game.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/254/051905572
Uncontrolled Keywords: User Experience, game, Cognitive Walkthrough, Ragnarok M : eternal love
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:49
Last Modified: 02 Feb 2023 03:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171432
[thumbnail of Achmad Arif Kusamiaji (2).pdf] Text
Achmad Arif Kusamiaji (2).pdf

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item