Potensi Ekstrak Beta Glukan dari Saccharomyces cerevisiae sebagai Terapi Stroke lskemik dengan Meningkatkan Ekspresi Cd34+ pada Jaringan Otak Tikus Wistar Model Stroke lskemik.

Mufidah, Arinal (2018) Potensi Ekstrak Beta Glukan dari Saccharomyces cerevisiae sebagai Terapi Stroke lskemik dengan Meningkatkan Ekspresi Cd34+ pada Jaringan Otak Tikus Wistar Model Stroke lskemik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Stroke merupakan salah satu penyebab morbiditas dan mortalitas tertinggi di dunia. Stroke iskemik yang terjadi pada 87 % kasus stroke dan dapat menginduksi kaskade iskemia yang menyebabkan kematian sel neuron yang menyebabkan gangguan fungsi otak. Saccharomyces cerevisiae adalah jamur uniseluler yang banyak ditemukan di alam dan memiliki kandungan beta glukan yang memiliki potensi dalam meningkatkan kadar GCSF yang berperan dalam mobilisasi hematopoetik stem sel (CD34+) sehingga memiliki potensi meningkatkan neuroregenerasi sel otak pasca stroke dan efektif dalam pengobatan stroke iskemik. Penelitian ini menggunakan metode in vivo menggunakan rancangan kelompok randomized post test dengan subjek berupa tikus model stroke iskemik yang diinduksi dengan middle cerebral artery occlusion (MCAO) yang dibagi dalam 5 kelompok perlakuan yang terdiri dari kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif, kelompok perlakuan 1 (P1) dengan pemberian dosisl8 mg / kgBB, kelompok perlakuan 2 (P1) dengan pemberian dosis36 mg / kgBB dan kelompok perlakuan 3P1) dengan pemberian dosis72 mg / kgBB. Metode analisis data in vivo menggunakan uji homogenitas, normalitas, Kruskal-Wallis dan post-hoc Mann Whitney. Hasilnya penelitian menunjukkan kadar CD34+ di jaringan otak meningkat secara signifikan pada P1, P2 dan P3 dibandingkan dengan kelompok kontrol negatif dan positif. Ekstrak beta glukan memiliki potensi yang menjanjikan sebagai obat terapi pada stroke iskemik.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/444/051900022
Uncontrolled Keywords: stroke iskemik, hematopoetik stem sel, CD34+, beta glukan„ neuroregenerasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.1 Drugs (materia medica) > 615.107 24 Experimental research
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Jul 2020 03:59
Last Modified: 31 Jul 2020 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171429
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item