Peran Emosi Moral Kebanggaan Dan Kekuatan Karakter Kebaikan Dalam Intensi Konsumsi Etis

Ratnasari, Kiki Meilania (2019) Peran Emosi Moral Kebanggaan Dan Kekuatan Karakter Kebaikan Dalam Intensi Konsumsi Etis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Intensi konsumsi etis dapat dipengaruhi oleh emosi moral dan kekuatan karakter pada saat memilih atau membuat keputusan untuk mengkonsumsi. Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peran emosi moral kebanggaan dan kekuatan karakter kebaikan secara bersama-sama mempengaruhi intensi konsumsi etis. Desain penelitian ini menggunakan randomized controlled experiment jenis betweensubject dengan setting penelitian berada dalam laboratorium. Jumlah partisipan berjumlah 93 orang dengan kriteria berasal dari mahasiswa aktif strata 1 Universitas Brawijaya Malang, laki-laki dan perempuan. Penelitian ini membagi partisipan menjadi 3 kelompok yaitu hubristic, authentic dan kontrol, dengan 2 perlakuan atau kondisi yaitu kebanggaan hubristic dan authentic. Untuk realibilitas masing-masing skala menghasilkan α untuk skala VIA-IS kekuatan karakter kebaikan sebesar 0,95, untuk skala cek manipulasi kebanggaan pada masing-masing kondisi secara berturut-urut besar authentic dan hubristic cornbach alpha 0,834 dan 0,827, sedangkan untuk skala intensi konsumsi etis cornbach alpha 0,856. Analisis penelitian ini menggunakan uji hipotesis ANCOVA yang menghasilkan jika kekuatan karakter kebaikan dan emosi moral kebanggaan tidak dapat mempengaruhi konsumsi etis secara bersama-sama.

English Abstract

Intentions of Ethical consumption can be influenced by moral emotion and character strength when choosing or making decisions to consume. This experiment aims to determine the role of moral emotions pride and the strength of the character of kindness in cojunction to influence the intention of ethical consumption. The design of this study uses a randomized controlled experiment between subject type and setting this research in the laboratory. The number of participants amounted to 93 people with the criteria coming from active students of the University of Brawijaya strata-1 Malang, male and female. This study divided participants into 3 groups, namely hubristic, authentic and control, with 2 treatments or conditions, namely hubristic and authentic pride. For the reliability of each scale α for the VIA-IS scale the strength of the character of kindness is 0.95, for the scale of pride manipulation checks in each condition are authentic and hubristic cornbach alpha 0.834 and 0.827, while for the ethical consumption intention scale cornbach alpha 0.856. The analysis of this study uses the ANCOVA, hypothesis test which results if the strength of character kindness and moral emotion of pride cannot influence the intention of ethical consumption with conjuction.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/484/051905315
Uncontrolled Keywords: Intensi; konsumsi etis; kebaikan; kebanggaan, Intention; ethical consumption; kindness; pride
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, physiological drives > 152.4 Emotions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Oct 2020 06:57
Last Modified: 08 Oct 2020 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171313
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item