Does Fiscal Decentralization Reduce School Dropouts in Indonesia?

Pujiastuti, Reni Tri (2016) Does Fiscal Decentralization Reduce School Dropouts in Indonesia? Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh desentralisasi fiskal di Indonesia pada tahap awal desentralisasi (2002) dan setelah 12 tahun pelaksanaan (2014) terhadap anak putus sekolah pada jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif dari Survei Sosial-Ekonomi Nasional (Susenas), statistik resmi kementerian, wawancara, pengamatan dokumen dan observasi. Analisis Regresi Logistik Bertingkat digunakan untuk menguji hubungan antara desentralisasi fiskal dan anak putus sekolah. Hasil uji tersebut menunjukan bahwa desentralisasi fiskal mempunyai hubungan positif terhadap anak putus sekolah pada tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sementara tidak ditemukan adanya hubungan keduanya pada masa transisi SD ke SMP. Sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menjelaskan kenapa desentralisasi fiskal di Indonesia belum dapat menurunkan angka anak putus sekolah secara efektif dikarenakan inefisiensi dalam pengalokasian anggaran, kurangnya komitmen dalam mengelola anggaran Pendapatan Ash Daerah (PAD) untuk sector pendidikan, dan tingginya ketergantungan pemerintah daerah terhadap pemerintah pusat dalam pengelolaan keuangan dan pelaksanaan program. Desentralisasi fiskal di Indonesia tampaknya menyiratkan masih kurangnya kemampuan pemerintah daerah dalam mengelola pendidikan dasar bagi masyarakat secara merata, dan juga dapat meningkatkan kesenjangan dikarenakan kurangnya pelayanan pemerintah daerah dalam mengakomodasi siswa-siswa dari keluarga kurang mampu. Oleh karena itu pemerintah daerah diharapkan untuk meningkatkan kemampuan dan efisiensi dalam mengelola anggaran daerah guna menyediakan pelayanan pendidikan dasar yang lebih berkualitas dan berkeadilan, terutama bagi siswa-siswa kurang mampu, agar nantinya dapat secara efektif menurunkan angka putus sekolah.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/336.3/PUJ/d/2016/041711846
Uncontrolled Keywords: DECENTRALIZATION IN GOVERNMENT, FISCAL POLICY, ELEMENTARY SCHOOL DROPOUTS, HIGH SCHOLL DROPOUTS, INDONESIA
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.3 Public debt and expenditures
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:18
Last Modified: 13 Aug 2019 04:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171310
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item