Pemanfaatan Sistem Pemanenan Air Hujan (Rainwater Harvesting System) di Perumahan Bone Biru Indah Permai Kota Watampone Dalam Rangka Penerapan Sistem Drainase Berkelanjutan

Ali, Ilham (2016) Pemanfaatan Sistem Pemanenan Air Hujan (Rainwater Harvesting System) di Perumahan Bone Biru Indah Permai Kota Watampone Dalam Rangka Penerapan Sistem Drainase Berkelanjutan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perumahan Bone Biru Indah Permai Kota Watampone terletak di Kabupaten Bone Propinsi Sulawesi Selatan. Permasalahan sumber daya air yang terjadi di perumahan ini, adalah; di musim hujan, luapan aliran drainase seringkali mengakibatkan terjadinya genangan pada jalan-jalan perumahan dan rumah-rumah penduduk, sementara di musim kemarau, terjadi kelangkaan air bersih. Penelitian ini mengkaji penerapan sistem drainase berkelanjutan dengan teknik pemanenan air hujan (PAH), dengan tujuan untuk mengetahui besaran potensi curate hujan yang dapat dipanen dan sisa limpasan yang harus di-manage oleh sistem drainase eksisting, serta untuk menentukan besaran kapasitas sarana PAH yang dibutuhkan dalam memenuhi keperluan suplai air bersih penduduk. Potensi air hujan dihitung dengan menggunakan tinggi hujan harian rata-rata bulanan yang diperoleh dari Metode Rata-rata Aritmetik. Kapasitas sarana PAH ditentukan dengan Metode Simulasi Tampungan Bulanan. Limpasan permukaan rencana dihitung dengan Metode Rasional. Dari hasil kajian diperoleh; potensi curate hujan yang dapat dipanen dari permukaan atap sebesar 147.009,86 m3 per tahun, sisa limpasan hujan yang bersumber dari atap sebesar 25.829,86 m3 per tahun dan total kapasitas tampungan sarana PAH yang dibutuhkan sebesar 4.743,20 m3. Dengan penerapan sistem PAH, mampu mereduksi jumlah limpasan drainase yang terjadi sekaligus juga dapat mengefektifkan fungsi saluran-saluran dan gorong-gorong drainase eksisting yang ada di perumahan ini. Kata kunci: sistem pemanenan air hujan, sistem drainase berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/631.7/ALI/p/2016/041702677
Uncontrolled Keywords: WATER HARVESTING, RAINWATER, WATER REUSE, WATER CONSERVATION, DRAINAGE, INDONESIA--BONE (SULAWESI UTARA)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.7 Water conservation
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Pengairan, Fakultas Teknik
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Aug 2019 01:57
Last Modified: 13 Aug 2019 01:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171289
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item