Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Materi Laju Reaksi di Tingkat SMA (Studi Pada SMA Brawijaya Smart School Malang)

Christian, Ignatius Chandra (2019) Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Materi Laju Reaksi di Tingkat SMA (Studi Pada SMA Brawijaya Smart School Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Materi Laju Reaksi dalam Kimia merupakan salah satu materi yang sulit ditingkat SMA karena materinya yang mengharuskan siswa untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi Laju Reaksi. Hasil wawancara dengan guru Kimia di SMA Brawijaya Smart School (BSS) Malang menunjukkan bahwa faktor-faktor Laju Reaksi akan sulit jika hanya dijelaskan secara verbal tanpa diikuti praktik. Yang menjadi kendala adalah mempraktekkan pengaruh Laju Reaksi memerlukan waktu dan usaha serta media buku pembelajaran dianggap kurang merepresentasikan faktor-faktor Laju Reaksi secara efektif. Selain itu guru juga kesulitan mengukur dan mengetahui kesenjangan pemahaman antar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan aplikasi media pembelajaran yang dapat membantu guru untuk memperagakan materi Laju Reaksi serta mengetahui tingkat pemahaman dari murid. Aplikasi yang dikembangkan juga harus mudah diakses dan menarik minat siswa dalam belajar. Dalam pengembangan aplikasi ini digunakan metodologi Extreme Programming (XP) dengan tujuan mencakup seluruh kebutuhan maupun perubahan kebutuhan yang mungkin tidak terliputi dalam 1 kali penggalian kebutuhan. Untuk mengakomodasi pemodelan kebutuhan, perancangan aplikasi dibuat secara berorientasi objek ditambah dengan storyboard untuk menjelaskan perancangan permainan yang akan dikembangkan dalam aplikasi. Dalam proses implementasi, pengembangan website dikembangakan dengan framework Codeigniter dan permainan dengan menggunakan Game Engine Unity. Selanjutnya, aplikasi yang dikembangkan diuji mneggunakan metode Basis-Path Testing dan Compatibility Testing untuk mengetahui tingkat keberhasilan implementasi serta User Acceptance Testing untuk mengetahui penerimaan guru dan siswa terhadap aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengembangan aplikasi media pembelajaran berbasis website dapat mengakomodasi kebutuhan serta mudah digunakan oleh guru maupun siswa. Metodologi Extreme Programming (XP) yang digunakan cukup cocok untuk mencakup seluruh kebutuhan namun untuk segmentasi media pembelajaran kurang cocok sebab perubahan lebih banyak kepada aspek tampilan dibandingkan kebutuhan itu sendiri.

English Abstract

Rate of Reaction material in Chemistry is one of the difficult material in the senior high school because it requires students to understand the factors that affect the Rate of Reaction. The results of interviews with Chemistry teachers in Brawijaya Smart School (BSS) High School indicate that the Rate of Reaction factors will be difficult if only verbally explained without practice. The obstacle is practicing the affect of the Rate of Reaction requires time and effort and learning books are considered to be less representative of the factors of the Rate fo Reaction effectively. In addition the teacher also has difficulty measuring and knowing the gap in understanding between students. Based on these problems, a learning media application is needed that can help teachers demonstrate the Rate of Reaction material and know the level of understanding of students. The application developed must also be easily accessible and attract students to learn. In the development of this application, Extreme Programming (XP) methodology is used with the aim of covering all needs and changes in needs that may not be covered in 1 time gathering of requirements. To accommodate the requirements modeling, the design of the application is made in an object-oriented design plus storyboard to explain the design of the game that will be developed in the application. In the implementation process, website development is developed with the CodeIgniter framework and games using the Unity Game Engine. Furthermore, the application developed was tested using the Basis-Path Testing and Compatibility Testing method to determine the level of success of the implementation and User Acceptance Testing to determine the acceptance of teachers and students to the application. Based on the results of the study, it is known that the development of website-based learning media applications can accommodate the requirements and is easy to use by teachers and students. The Extreme Programming (XP) methodology used is quite suitable to cover all needs, but for the segmentation of learning media it is not suitable because there are more changes to the user interface aspect than the requirements itself.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/260/051905578
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Jul 2020 06:16
Last Modified: 31 Jul 2020 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171247
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item