Pengembangan Aplikasi Frontdesk Berbasis Web (Studi Kasus : LPPM UB)

Aknaf, Mohammad Alfan Iqbal (2019) Pengembangan Aplikasi Frontdesk Berbasis Web (Studi Kasus : LPPM UB). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya merupakan unit yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi Universitas Brawijaya di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya, para pimpinan LPPM dibantu oleh seorang sekretaris. Adapun beberapa tugas dari sekretaris ialah melakukan penjadwalan acara, penjadwalan peminjaman ruang dan penjadwalan appointment pimpinan. Selama ini tugas tersebut masih dilakukan secara manual, saat ini solusi yang diterapkan masih menggunakan file excel dan layanan google calendar sehingga menyebabkan tidak adanya integrasi antara satu data dengan data yang lainnya sedangkan ketiga data penjadwalan tersebut memiliki hubungan satu sama lain. Berdasarkan permasalahan tersebut dibuatlah Aplikasi Frontdesk yang dapat digunakan sekretaris pimpinan maupun resepsionis LPPM untuk melayani pengajuan penjadwalan acara, penjadwalan peminjaman ruang, serta penjadwalan appointment pimpinan. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini yaitu waterfall model. Selanjutnya, untuk menguji hasil implementasi dari fungsi membuat jadwal acara, jadwal peminjaman ruangan, dan jadwal appointment pimpinan, akan dilakukan validation testing dan user acceptance testing. Dari tahap pengujian, diperoleh diperoleh hasil sebesar 74.88% yang menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun dapat membantu pengguna dalam mencatat data penjadwalan dan juga sudah dapat diterima oleh pengguna.

English Abstract

Institute of Research and Community Services (LPPM) Brawijaya University is a unit that carries out the main tasks and functions of Brawijaya University in the sector of research and community service. In carrying out their duties, LPPM leaders are assisted by a secretary. The several tasks of the secretary are events scheduling, loan room scheduling, and leader’s appointment scheduling. During this time the task is still done manually, now the solution that is applied is still using excel files and google calendar service, so there is no integration between one data with the other data, while the three scheduling data have relationship with each other. Based on these problems the frontdesk application was made which can be used by secretary and receptionist of LPPM to serve event scheduling, loan room scheduling, and leaders appointment scheduling. Furthermore, to test the implementation result of the making event schedule, making loan room schedule, and making leaders appointment function, validation and user acceptance testing were performed. From the testing phase, the result obtained 74.88% which indicates thet the application built can help users in recording scheduling data and also the application can be accepted and approved by the user.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/252/051905570
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:49
Last Modified: 24 Aug 2020 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171245
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item