Pengaruh Desain Roster terhadap Kenyamanan Termal Bangunan (Studi Kasus Kos Keputih Andy Rahman)

Khaira, Nabila (2019) Pengaruh Desain Roster terhadap Kenyamanan Termal Bangunan (Studi Kasus Kos Keputih Andy Rahman). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin tahun Indonesia mengalami krisis energi dan tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bangunan merupakan salah satu pengguna energi terbesar setelah itu industry dan transportasi. Penghawaan buatan (AC) adalah salah satu penyebab terbesar dari kosnumsi energi dalam sebuah bangunan. Pada tahun 2025 Direktorat Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menargetkan 15- 30% penghematan energi dilakukan oleh bangunan residensial. Maka dari itu kita harus berusaha mencari cara pasif untuk menghemat energi dalam bangunan. Surabaya merupakan salah satu kota yang digandrungi mahasiswa. Semakin banyak mahasiswa yang datang semakin bertambah kebutuhan rumah kos. Rumah kos merupakan salah satu bangunan hunian. Di Kota Surabaya yang suhu udaranya cukup panas, AC merupakan fasilitas yang wajib dimiliki oleh rumah kos maupun rumah keluarga. Di samping itu, terdapat rumah kos di Kota Surabaya Timur yaitu di sebelah selatan Kampus ITS Surabaya yang menggunakan roster sebagai fasad utama yang bertujuan untuk menghemat penggunaan AC. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis kualitatif dengan analisis visual untuk mengetahui penerapan desain tanggap iklim bangunan di Kota Surabaya dan pengukuran langsung untuk mengetahui kenyamanan termal sebuah bangunan dengan studi kasus kos keputih series karya Andy Rahman untuk mengetahui pengaruh dari roster terhadap penurunan suhu bangunan. Hasil dari kajian menunjukkan bahwa konsep arsitektur tanggap iklim yang diterapkan pada bangunan kos dapat memberikan kenyamanan di dalam ruang dan dapat menurunkan suhu di dalam ruangan serta dapat mengalirkan angin dengan baik ke dalam ruangan pada bangunan.

English Abstract

Indonesia will experienced an energy crisis . Building was one of the biggest energy users. Air conditioner is one of the strongest causes of energy consumption. In 2025 the Direktorat Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral targets 15-30% of energy savings carried out by residential buildings. Therefore we must seek to find a passive way to save energy. Surabaya is one of the students favorite to study. More students more boarding houses. In Surabaya, air conditioning is a must have facility. However, there are boarding houses that use ventilated wall as the main facade that aims to save the use of AC. This research was conducted by qualitative analysis method with visual analysis to determine the application of building climate response design in Surabaya and direct measurements to determine the thermal comfort of Andy Rahman's Keputih boarding house series to determine the effect of ventilated wall on decreasing building temperature. The results of the study show that the concept of climate response architecture applied to boarding house can provide comfort and it can reduce the temperature and the wind can flow well into the building.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/275/051904734
Uncontrolled Keywords: roster, kenyamanan termal, rumah kos, tanggap iklim-ventilated block, thermal comfort, boarding house, climate response
Subjects: 700 The Arts > 720 Architecture > 720.4 Special topics of architecture > 720.47 Architecture and the environment
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:49
Last Modified: 24 Aug 2020 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171239
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item