Kebijakan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (BAPELITBANG) dalam Menata Kelola CSR di Kota Bontang

Nurcahyani, Hanifah (2019) Kebijakan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (BAPELITBANG) dalam Menata Kelola CSR di Kota Bontang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi kebijakan tanggung jawab sosial pada Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (BAPELITBANG) dalam menata kelola CSR (Corporate Sosial Responsibility/Tanggung Jawab Sosial) di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Pemerintah Kota Bontang menetapkan kebijakan yaitu Peraturan Walikota Bontang Nomor 36 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyelenggaraan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan oleh Perusahaan. Banyaknya perusahaan swasta, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan PMA (Penanaan Modal Asing) yang berorperasi secara aktif di Kota Bontang, maka ditetapkannya peraturan tersebut dengan melihat perkembangan konsep CSR yang ada didalam setiap perusahaan. Perusahaan yang berorperasi di Kota Bontang mengacu pada peraturan yang ditetapkan, hal ini membuka peluang pekerjaan untuk semua lapisan masyarakat guna memajukan Kota Bontang, dan bahwa secara nyata pembangunan Kota Bontang telah dilaksanakan bersama antara pemerintah daerah sebagai regulator dan stakeholder lainnya sebagai pihak yang turut bertanggung jawab dalam pembangunan daerah. Tinjauan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Implementasi Kebijakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui, memahami dan menganalisa bagaimana implementasi kebijakan tanggung jawab sosial pada BAPELITBANG dalam menata kelola CSR di Kota Bontang. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan hasil bahwa BAPELITBANG sebagai badan pemerintahan di Kota Bontang yang menata kelola para CSR-CSR di Kota Bontang melalui adanya Forum CSR sebagai jembatan koordinasi antara pemerintah dengan para CSR di Kota Bontang, dan ditemukannya hambatanhambatan dalam pengimplementasian kebijakan yang telah ditetapkan.

English Abstract

This study aims to look at how the implementation of policies of social responsibility in the Planning, Research and Development (BAPELITBANG) in organizing the governance of CSR (Corporate Social Responsibility / CSR) in Bontang, East Kalimantan. The government established a policy that Bontang Mayor Regulation No. 36 Year 2011 on Guidelines for the Implementation of the Social and Environmental Responsibility of the Company. The number of private companies, SOEs (State Owned Enterprises) and PMA (Foreign Investment Funding) which operate actively in Bontang, the enactment of the regulation to see the development of the concept of CSR that exist within each company. Companies that operate in Bontang refers to prescribed rules, this opens job opportunities for all levels of society in order to promote Bontang, and that the real development of Bontang has been implemented jointly between local governments as regulators and other stakeholders as the parties who are responsible for regional development. Overview of the theory used in this research is the implementation of policy. The method used in this research is qualitative descriptive. The purpose of research is to know, understand and analyze how the implementation of policies of social responsibility in BAPELITBANG in managing CSR governance in Bontang. Determination of informants in this study using purposive. From the research that has been done.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/514/051905345
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan, BAPELITBANG dan Forum CSR Kota Bontang, Implementation of policies, BAPELITBANG and CSR Forum Bontang.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.6 Policy making
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Aug 2020 23:46
Last Modified: 03 Aug 2020 23:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171204
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item