Analisis Pengaruh Kecepatan Putaran dan Burn-off Length (BOL) terhadap Kekuatan Tarik Dissimilar Friction Welding A6061 dengan S50C

Bowo, Prayogo Arie (2019) Analisis Pengaruh Kecepatan Putaran dan Burn-off Length (BOL) terhadap Kekuatan Tarik Dissimilar Friction Welding A6061 dengan S50C. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era teknologi yang semakin maju, pemilihan bahan sangat diperlukan untuk menunjang kualitas terbaik hasil produksi. Persaingan yang sering muncul adalah menciptakan hasil produksi sesuai dengan standar. Logam yang sering digunakan dalam proses produksi adalah aluminium dan baja. Dalam proses produksi baja dengan aluminium, ada beberapa metode yang bisa digunakan, salah satunya dengan penyambungan atau pengelasan. Namun proses penyambungan aluminium dan baja terdapat masalah yang timbul, yaitu aluminum memiliki daya hantar panas tinggi maka sukar untuk memanaskan bagian yang kecil. Untuk mengatasinya digunakan solusi yaitu dengan friction welding. Friction welding merupakan proses penyambungan yang memanfaatan energi panas dari hasil dua gesekan permukaan antara material yang akan disambung. Friction welding dipengaruhi oleh parameter yang salah satunya kecepatan putaran dan Burn-off Length (BOL). Oleh karena itu maka perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh kecepatan putaran dan Burn-off Length (BOL) terhadap kekuatan tarik dissmilar friction welding A6061 dengan S50C. Metode yang dilakukan pada penelitian kali ini adalah metode true experimental dan langsung pada objek yang diteliti. Metode ini dipakai agar bisa mengetahui secara langsung pengaruh kecepatan putaran dan Burn-off Length (BOL) pada sambungan las gesek A6061 dan S50C. Penelitian ini bertujuan membahas pengaruh nilai kekuatan tarik sambungan las gesek aluminium A6061 dan baja S50C dengan variasi kecepatan putaran dan burn-off length. Variasi kecepatan putaran adalah 800 rpm, 1120 rpm, dan 1600 rpm, sedangkan variasi burn-off length adalah 3 mm, 4 mm, dan 5 mm. Pada proses friction welding yang dilakukan, menggunakan gaya tekan awal sebesar 7 kN dan 21 kN pada saat gaya tekan akhir. Pada hasil dari penelitian yang dilakukan didapat hasil bahwa nilai tertinggi kekuatan tarik terdapat pada variasi kecepatan putaran 1600 rpm dan burn-off length 3 mm dengan nilai 157.24 MPa. Semakin bertambahnya kecepatan putaran maka akan menyebabkan heat input yang semakin besar, hal ini ditunjukkan dengan perubahan suhu pada saat gesekan terjadi. Dimana hal ini menyebabkan pengaruh pada struktur butiran semakin kecil. Semakin nilai ukuran butir dan batas butir yang semakin kecil maka menyebabkan jarak antar butir semakin kecil dan rapat. Hal tersebut menyebabkan nilai kekuatan tarik yang dihasilkan semakin meningkat. Didapatkan juga hasil dari nilai kekerasan pada variasi kecepatan putaran 1600 rpm dan burn-off length 3 mm yang mempunyai nilai lebih tinggi daripada variasi kecepatan putaran 800 rpm burn-off length 3 mm. Sehingga hasil kekuatan tarik tertinggi berbanding lurus dengan hasil nilai kekerasan pada spesimen. Analisis statistik mengungkapkan bahwa adanya hubungan antara variasi kecepatan putaran dan burn-off length terhadap nilai kekuatan tarik friction welding aluminium A6061 dan baja S50C.

English Abstract

In the era of increasingly advanced technology, the selection of materials is needed to support the best quality of production. Competition that often arises is to produce production according to standards. Metals that are often used in the production process are aluminium and steel. In the process of producing steel with aluminium, there are sereval methods that can be used, one of which is by connecting or welding. But the process of connecting aluminium and steel has a problem that arises, namely aluminium has a high heat conductivity so it is difficult to heat a small part. To overcome this problem, the solution is used by friction welding. Friction welding is a connection process that utilizes heat energy from the results of two surface friction between the material to be connected. Friction welding is influenced by parameters such as rotation speed and Burn-off Length (BOL). Therefore it is necessary to do research on the effect of the rotational speed and Burn-off Length (BOL) on the dissimilar friction welding tensile strength A6061 with S50C. The method used in this study is true experimental method that is real and directly on the object under study. This method is used in order to know directly the effect of rotation speed and feed on the friction weld joints A6061 and S50C. This study aims to discuss the effect of the tensile strength value of aluminium friction weld connection A6061 and S50C steel with variations in rotation speed and burn-off length. Variations in rotation speed are 800 rpm, 1120 rpm, and 1600 rpm, while variations is burn-off length are 3 mm, 4 mm, and 5mm. In the process of friction welding, it uses the initial compressive force of 7 kN and 21 kN when the final compressive force. In the results of the research carried out the results that the highest value of tensile strength was found in the variations of the rotation speed of 1600 rpm and burn-off length 3 mm with a value of 157,24 MPa. The increasing speed of rotation will cause the heat input to be greater, this is indicated by changes in the temperature when friction occurs. Where this causes influence on the smaller grain structure. The more the value of grain size and grain boundaries are smaller, the smaller the spacing and the distance between the grains. This causes the value of the tensile strength produced to increase. Obtained also the result of the value of hadrness at a variation of 1600 rpm rotation speed and 3 mm burn-off length which has higher value than the variation of the rotation speed of 800 rpm burn-off length 3 mm. So that the results of the highest tensile strength are directly proportional to the results of the hardness value in the specimen. Statisical analysis revealed that there was a relationship between variations in rotation speed and burn-off length to the value of tensile strength of friction welding of aluminium A6061 and S50C steel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/241/051904700
Uncontrolled Keywords: Friction Welding, Kecepatan Putaran, Kekuatan Tarik, Aluminium A6061, Baja S50C-Friction Welding, Rotation Speed, Tensile Strength, Aluminium A6061, Steel S50C
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 671 Metalworking Processes and primary metal products > 671.5 Joining and cutting of metals > 671.52 Welding
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Oct 2020 13:01
Last Modified: 22 Oct 2020 13:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171197
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item