Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan (Studi Kasus: Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

Putra, I Gede Satya Krisna (2019) Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan (Studi Kasus: Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan (PSIK) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, dalam menjalankan tugasnya mengalami kendala salah satunya yaitu proses pengajuan keluhan dan permintaan layanan. Proses ini masih dilakukan secara manual menggunakan formulir sehingga memerlukan waktu dan usaha yang lebih dalam melakukannya, kesulitan untuk mengetahui jumlah serta status laporan serta tingkat kepuasan pelapor yang tidak diketahui. Berdasarkan permasalahan di atas dikembangkan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan untuk menghemat waktu dan usaha yang diperlukan dalam melakukan proses bisnis yang dipermasalahkan. Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan diimplementasikan dalam bentuk aplikasi berbasis web. Penelitian diawali dengan melakukan analisis kebutuhan yang menghasilkan 7 aktor, 67 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional. Perancangan sistem dilakukan dengan membuat sequence diagram, class diagram, perancangan basis data, statechart diagram, perancangan komponen serta perancangan antarmuka pengguna. Sistem diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP 7.1 dan HTML serta kerangka kerja Laravel 5.7 dan Bootstrap. Implementasi basis data dilakukan dengan menggunakan MySQL. Pengujian unit dilakukan dengan 3 sampel uji menggunakan basis path testing dengan hasil bernilai valid, persentase keberhasilan 100%. Pengujian integrasi dilakukan dengan 1 sampel uji menggunakan basis path testing, hasil pengujian bernilai valid, persentase keberhasilan 100%. Hasil pengujian validasi pada seluruh fungsionalitas dari Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan yang berjumlah 67, dengan hasil bernilai valid, persentase keberhasilan 100%. Pengujian compatibility menghasilkan bahwa Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan dapat berjalan dengan baik pada Edge 18, Opera 60, Chrome 74, iOS 10-12 dan Android 3-4. Sedangkan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan mengalami minor issues terkait tampilan dan kinerja pada IE 11, Firefox 66 dan Safari 12, serta major issues terkait tampilan atau kinerja pada IE 11 dan Safari 12.

English Abstract

Information System, IT Infrastructure and Public Relations Manager(PSIK) Faculty of Computer Science, University of Brawijaya experiencing obstacles in carrying out their duties. One of them is the process of filing complaints and service requests. This process is still done manually using forms so that it requires more time and effort to do so, difficulty in knowing the number and status of reports and the level of satisfaction of the reporter is unknown. Based on the above problems, Services and Complaints Management Information System were developed to save the time and effort needed to carry out the business processes at issue. Services and Complaints Management Information System is implemented in a web-based applications. The research begins with a requirement analysis that produces 7 actors, 67 functional requirement and 1 non-functional requirement. System design is done by making sequence diagrams, class diagrams, database design, statechart diagrams, component design and user interface design. The system is implemented with the PHP 7.1 and HTML programming language and Laravel 5.7 and Bootstrap framework. Database implementation is done using MySQL. Unit testing is done with 3 test samples using base path testing with valid results, 100% success percentage. Integration testing is done with 1 test sample using base path testing, the test result is valid, 100% success percentage. Validation test results on all the functionalities of the Service and Complaints Management Information System which amounted to 67, with valid results, 100% success percentage. Compatibility testing results in the Service and Complaint Management Information System running well on Edge 18, Opera 60, Chrome 74, iOS 10-12 and Android 3-4. While the Service Management and Complaints Information System has minor issues related to the appearance and performance of IE 11, Firefox 66 and Safari 12, as well as major issues related to display or performance in IE 11 and Safari 12.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/350/051905668
Uncontrolled Keywords: sistem, web, sistem manajemen keluhan, sistem inventaris, sistem manajemen surat / system, web, complaint management system, inventory system, mail management system
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.068 Information technology--Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Jul 2020 03:54
Last Modified: 31 Jul 2020 05:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171188
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item