Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Kanji Menggunakan Mlkit Text Recognition, Text-To-Speech Dan Kanji Alive Api (Studi Kasus: Kun-Yomi Pada Jlpt N5-N3)

Nugroho, Firmanda Mulyawan (2019) Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Kanji Menggunakan Mlkit Text Recognition, Text-To-Speech Dan Kanji Alive Api (Studi Kasus: Kun-Yomi Pada Jlpt N5-N3). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi Pembelajaran Kanji adalah aplikasi pembelajaran yang difokuskan untuk menempuh Japanese Languange Provience Test (JLPT) pada tingkatan N5 hingga N3. Dari wawancara yang telah dilakukan kepada 5 responden yang mempelajari kanji, seluruhnya mengalami kesulitan. Aplikasi Pembelajaran Kanji disini memiliki tugas untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dalam pengembangannya digunakan berbagai fitur seperti adanya daftar kanji N5 hingga N3, fitur mengetahui detail kanji, seperti arti, penulisan secara kun-yomi, jumlah stroke, pembacaan secara hiragana, sekaligus memiliki contoh dari penggunaan dalam kehidupan sehari-hari, serta fitur untuk penyuaraan kanji menggunakan Text-to-Speech dengan data yang diambil dari Kanji Alive API. Pada bagian evaluasi terdapat fitur quiz untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman pengguna. Lalu pada fitur bantuan, terdapat MLkit Text Recognizion yang mampu mengenali kanji dengan menggunakan kamera dan sekaligus mengetahui arti dari kanji tersebut. Hasil penelitian ini memiliki hasil efektifitas yaitu, pada aspek pembelajaran, mengetahui arti kanji dan mengetahui contoh penggunaan kata kanji, seluruh responden menyatakan efektif, namun aspek evaluasi pembelajaran tiga responden menyatakan efektif, dua responden perlu adanya peningkatan dan pendetailan. Pada hasil usablititas aspek seperti usefulness ditemukan 86,8%, easy-to-learn sebesar 81%, easy-to-use sebesar 83,125 %, dan satisfaction 74,5 %. Hasil tersebut memberikan nilai sangat setuju pada tiga aspek pertama dan setuju pada aspek terakhir.

English Abstract

Mobile App Learning Kanji is learning app that focus to learn Japanese Languange Provience Test (JLPT) at N5 to N3 levels. 5 Respondent give us the problem from interview we had held, that they were struggled to learn kanji, to solve that problem, we use Mobile App Pembelajaran Kanji. In its development, researcher use feature to give user list kanji from N5 to N3, feature to know the kanji’s details like meaning, kun-yomi’s writing, total stroke, reading with hiragana, example how to use it in everyday life, and kanjis’s sounds using Text-to-Speech, all that detail data obtained from Kanji Alive API. Evaluation feature has quiz to know how much the user’s knowledge. Support feature has MLkit Text Recognition to recognize the kanji with kamera and show meaning of that kanji. Result of this research in effectiveness side is all respondent give statement effective in aspect of learning, kanjis’s meaning, and kanjis’s example sentecence, but in evaluation aspect, 2 respondent want a enhancement and detailing. Usablity has result usefulness has 86.8 %, easy-to-learn has 81%, easy-to-use has 83.125% and satisfaction has 74.5 %.That result give us very agree point at first three aspect and agree at last point.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/240/051905558
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:48
Last Modified: 24 Aug 2020 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171177
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item