Analisis Pola Deformasi Dan Energy Absorption Pada Tapering Corrugated Crash Box Dengan Variasi Sudut Tapered Dan Ketebalan Menggunakan Metode Oblique Crash Test

Mahardika, Ida Bagus Putu (2019) Analisis Pola Deformasi Dan Energy Absorption Pada Tapering Corrugated Crash Box Dengan Variasi Sudut Tapered Dan Ketebalan Menggunakan Metode Oblique Crash Test. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbagai sistem keselamatan pada kendaraan khususnya mobil telah banyak dikembangkan, salah satunya adalah crash box. Crash box merupakan sistem keamanan pasif yang berfungsi untuk menyerap energi saat terjadi tabrakan sehingga energi yang sampai pada pengemudi dan penumpang menjadi berkurang. Saat ini nerbagai bentuk crash box banyak dikembangkan dengan tujuan untuk memaksimalkan penyerapan energi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari sudut tapered dan thickness terhadap energi penyerapan crash box. Penelitian ini menggunakan permodelan uji tabrak oblique crash-test dengan simulasi komputer. Material yang digunakan adalah AA6063-T6. Penelitian ini menggunakan variasi sudut tapered sebesar 5°, 10°, dan 15° serta variasi thickness sebesar 1 mm, 1.5 mm, dan 2 mm. Pengujian berdasarkan instrumented drop mass setup dengan massa dan kecepatan impactor sebesar 275 kg dan 15 m/s. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan perbedaan dari thickness dan juga sudut tapered dapat mempengaruhi pola deformasi dan besar penyerapan energi dari crash box. Semakin besar sudut tapered maka diameter bawah crash box akan semakin besar sehingga inersianya bertambah dan mengakibatkan penyerapan energi dari crash box akan semakin meningkat. Semakin besar nilai ketebalan crash box maka kekakuannya akan meningkat sehingga penyerapan energi juga akan semakin meningkat. Nilai penyerapan energi maksimum terjadi pada model 9 dengan variasi sudut tapered 15° dan thickness 2 mm sebesar 2395.338 J dan force reaction sebesar 39554 N.

English Abstract

Various safety systems in vehicles, especially cars have been developed. One of the example is crash box. Crash box is a passive safety system that functions to absorb energy during a collision so that the energy that reaches the driver and passenger is reduced. At present. Nowadays the shape and the cross section of crash box are developed which aims to maximize energy absorption. The purpose of this study was to determine the effect of tapered angle and thickness on the energy absorption of crash box. This study uses Oblique crash-test with computer simulation. The material used is AA6063-T6 for the crash box. The variation of tapered angles are 5°, 10°, 15° and the thinckness are 1 mm, 1.5 mm and 2 mm. The simulation are based on instrumented drop mass setup with mass and speed impactor are 275 kg and 15 m/s. The results from this study indicate differences in thickness and tapered angles can affect the deformation pattern and energy absorption from crash box. Increase of the tapered angle, can affect the lower diameter of the crash box and this will increase the inertia, therefore the absorption of energy from the crash box will increase. The higher thickness of the crash box will increase the stiffness, therefore the absorption of energy will increase. The maximum energy absorption value occurs in model 9 with variations in tapered angles of 15° and thickness 2 mm of 2395,338 J and a force reaction of 39554 N.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/235/051904694
Uncontrolled Keywords: Corrugated Tapered Crash box, Pola Deformasi, Penyerapan Energi, Oblique Crash Test-Corrugated Tapered Crash box, Deformation Pattern, Energy Absorption, Oblique Crash Test
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering and related technologies > 660.2 General topics in chemical engineering > 660.28 Specific types of chemical plant and specific activities in chemical plants > 660.284 Unit operations and unit processes > 660.284 2 Unit operations
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Nov 2020 01:44
Last Modified: 17 Nov 2020 01:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171161
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item