Concept of Kami () on Japanese Web 2011 (Corpus-Based Linguistic Study)

Akbar, Subhi (2018) Concept of Kami () on Japanese Web 2011 (Corpus-Based Linguistic Study). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telah banyak studi yang mengangkat Kami sebagai topik penelitian dan r ini sangat jarang diulas dari perspektif linguistik. Pada penelitian ini penulis berusaha untuk menjawab bagaimana konsep Kami yang tergambar pada korpus Japanese Web 2011 sebagai representasi pandangan masyarakat Jepang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistika yang kemudian dilakukan proses penyaringan data secara manual. Kemudian, data yang berbasis kuantitatif tersebut dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut Kami terdiri dari dua kategori kolokasi, kolokasi ajektif dan kolokasi nomina yang masing-masing kategori tersebut terdiri dari 10 kata yang paling sexing berkolokasi dengan kata Kami. Dari dua kategori kolokasi tersebut, diketahui bahwa konsep tradisional Kami mengalami pergeseran disebabkan adanya pengaruh dari agama samawi khususnya Kristen. Selain itu, perilaku perilaku Kami diperoleh melalui 10 kolokasi verba dimana Kami sebagai pelaku dari verba tersebut. Dari kolokasi tersebut diketahui bahwa sama halnya dengan penganut kepercayaan dan agama lain, Kami dianggap sebagai entitas yang memliki kemampuan di luau kuasa manusia sehingga dijadikan tempat untuk bergantung. Terakhir, perbuatan-perbuatan yang dilakukan kepada Kami diperoleh dari 10 kolokasi verba dimana Kami merupakan objek dari verba-verba tersebut. Dari kolokasi tersebut terlihat bahwa Kami merupakan hat yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Jepang sehingga hares dihormati dan diperlakukan dengan balk dan ditakuti. Diharapkan kepada peneliti-peneliti selanjutnya untuk dapat mengeksplorasi struktur koordinasi terhadap kata Kami yang tidak dibahas dalam penelitian ini, Selain itu, penelitian dengan topik serupa dengan sumber data yang berbeda jugs dibutuhkan sebagai perbandingan dengan penelitian ini guns melengkapi konsep Kami dari perspektif ilmu linguistik.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/495.6/AKB/c/2018/041805744
Uncontrolled Keywords: GODS, JAPANESE, KAMI (THE JAPANESE WORD), JAPANESE LANGUAGE--ETYMOLOGY, JAPANESE LANGUAGE--TERMS AND PHRASES
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: S2/S3 > Magister Linguistik Terapan, Fakultas Ilmu Budaya
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:33
Last Modified: 09 Aug 2019 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171147
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item