You Only Got 2 Choices, Yes Or Yes? Peran Kekuatan Karakter Prudence Dan Emosi Moral Pride Pada Intensi Konsumsi Etis

-, Zainul (2019) You Only Got 2 Choices, Yes Or Yes? Peran Kekuatan Karakter Prudence Dan Emosi Moral Pride Pada Intensi Konsumsi Etis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran kekuatan karakter prudence dan emosi moral pride pada intensi konsumsi etis. Alasan individu melakukan konsumsi etis karena adanya moral belief akan perilaku yang dapat membawa dampak kebaikan pada orang lain, namun hal ini belum pasti mengingat identitas diri yang mana dalam penelitian ini peneliti melihat kekuatan karakter prudence sebagai kekuatan karakter yang digamabrkan bersikap hati-hati dalam mengambil keputusan. Keberhasilan melakukan perbuatan yang didasari oleh moral belief membawa dampak kebanggaan bagi pelakunya, hal ini termasuk dalam konsep emosi moral bangga yang berarti ketertarikan untuk melakukan sesuatu karena adanya motivasi, dalam hal ini pencapaian emosi moral bangga itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen yang melibatkan mahasiswa FISIP UB sebagai partisipan eksperimen sebanyak N=93, partisipan dibagi kedalam 3 kelompok yaitu kelompok kontrol, kelompok manipulasi authentic pride, dan kelompok manipulasi hubristic pride. Partisipan mengisi skala VIA-IS untuk mengukur kekuatan karakter prudence, kemudian diberikan pegkondisian manipulasi perasaan bangga. Manipulation check dilakukan untuk melihat keberhasilan manipulasi yang telah di kondisikan, skala yang digunakan mengadaptasi dari Tracy & Robin (2004), serta skala ECB untuk melihat intensi konsumsi etis.

English Abstract

The Purpose of this study is to understand the role of Moral emotion pride and character strength prudence in ethical consumption intention. The reason for individual ethical consumption is because the belief of one behavior that can have a good effect on others, but this is uncertain given the identity which in this study researchers see the role of prudence as a character strength that is taken to be careful in making decision. The success of carrying out actions based on moral beliefs brings pride to the culprit, this is included in the concept of Emotional moral pride which means interest in doing something because of behavioral motivation, in this case the achievement of pride itself. This experiment involved FISIP UB students as experimental participants as much as N = 93, participants were divided into 3 groups, namely the control group, authentic pride manipulation group, and hubristic pride manipulation group. Participants filled the VIA-IS scale to measure the strength of prudence characters, then given manipulation conditions. Manipulation check is done to see the success of the manipulation that has been conditional, the scale used is adapted from Tracy & Robin (2004), and the ECB scale to see the intention of ethical consumption

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/561/051905392
Uncontrolled Keywords: Intensi Konsumsi Etis, pride, prudence, Ethical consumption, pride, prudence
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.2 Individual psychology > 155.25 Development and modification of character and personality
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Oct 2020 10:16
Last Modified: 10 Oct 2020 10:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171104
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item