Analisis Pengembangan Strategi Produk Susu VJ Milk Dengan Blue Ocean Strategy Pada PT Maxfood

Farhiya, Daniyatul (2019) Analisis Pengembangan Strategi Produk Susu VJ Milk Dengan Blue Ocean Strategy Pada PT Maxfood. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Maxfood merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri minuman susu yang berdiri pada tahun 2016 di Kota Malang. Pada data penjualan selama satu tahun, PT Maxfood mengalami penurunan penjualan susu VJ Milk. Agar perusahaan dapat terus bertahan hidup, maka perusahaan harus mampu menerapkan strategi-strategi yang baik dan mampu berinovasi untuk menawarkan nilai baru dengan mempertimbangkan kondisi perusahaan. Agar dapat mengetahui analisis lingkungan eksternal, internal dari PT Maxfood dan mengetahui proses perbaikan dengan menggunakan blue ocean strategy pada PT Maxfood maka perlu menggunakan beberapa metode. Penelitian ini menggunakan metode Blue ocean strategy dengan bantuan perhitungan pairwise comparison untuk memperoleh bobot faktor internal dan faktor eksternal, analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) untuk memperoleh alternatif strategi, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk menentukan strategi yang digunakan. Hasil penelitian yang diperoleh dari perhitungan pairwise comparison yaitu skor matriks internal factor evaluation (IFE) sebesar 2,774 dan mengindikasikan bahwa PT Maxfood berada posisi rata-rata karena berada diatas nilai 2,5. Sedangkan matriks External factor evaluation (EFE) diperoleh skor sebesar 2,405 dan mengindikasikan bahwa PT Maxfood berada pada posisi lemah karena berada dibawah nilai 2,5. Sehingga berdasarkan matriks IE, PT Maxfood berada pada kuadran V yang diartikan sebagai menjaga dan mempertahankan. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan peluang dan kesempatan yang dimiliki perusahaan, sehingga perusahaan dapat menciptakan inovasi nilai melalui kerangka kerja empat langkah (hapuskan, kurangi, tingkatkan, ciptakan). Pada action hapuskan, tidak terdapat faktor yang dihapus karena perusahaan menganggap semua faktor merupakan hal yang sangat penting. Pada action kurangi, adalah harga yang dianggap terlalu mahal jika dibandingkan dengan produk sejenis dan varian rasa yang tidak memiliki banyak peminat. Sedangkan upaya peningkatan yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas bahan dan produk, selain itu melakukan training sumber daya untuk mendapatkan hasil kinerja yang baik dan produk yang berkualitas. Hasil yang diperoleh dari kuesioner terbuka maka didapatkan inovasi berupa susu juwet yang memiliki berbagai manfaat terutama memperbaiki pencernaan. Selain itu botol kemasan memiliki bagian ujung botol yang lebih menonjol untuk memudahkan meminum tanpa menggunakan sedotan (straw).

English Abstract

PT Maxfood is a company engaged in the milk beverage industry which was established in 2016 in the city of Malang. On sales data for one year, PT Maxfood has decreased sales of VJ Milk milk. In order for companies to continue to survive, companies must be able to implement good strategies and be able to innovate to offer new value by considering the conditions of the company. In order to find out the analysis of the external, internal environment of PT Maxfood and know the process of improvement using the blue ocean strategy at PT Maxfood, so it is necessary to use several methods. This study uses the Blue ocean strategy method with the help of pairwise comparison calculations to obtain internal and external factors, SWOT analysis (strength, weakness, opportunity, threat) to obtain alternative strategies, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) to determine the strategies used. The results of the study obtained from the calculation of pairwise comparison, namely the internal factor evaluation (IFE) matrix score of 2.774 and indicates that PT Maxfood is in the average position because it is above the value of 2.5. While the External factor evaluation (EFE) matrix obtained a score of 2.405 and indicates that PT Maxfood is in a weak position because it is below the value of 2.5. So based on the IE matrix, PT Maxfood is in quadrant V which is interpreted as maintaining and maintaining. This research is done by utilizing opportunities and opportunities owned by the company, so companies can create value innovation through a four-step framework (eliminate, reduce, increase, create) . In the eliminate action, there were no factors removed because the company considered all factors to be very important. In the subtraction action, the price is considered too expensive when compared to similar products and flavor variants that do not have many enthusiasts. While the improvement efforts made are to improve the quality of materials and products, besides training resources to get good performance results and quality products. The results obtained from the open questionnaire found that innovation in the form of milk juwet has various benefits, especially improving digestion. In addition, the packaging bottle has a more prominent shape in the end of the bottle to make it easier to drink without using a straw (straw).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/278/051904737
Uncontrolled Keywords: Blue Ocean Strategy, inovasi nilai, kanvas strategi, kerangka kerja empat langkah-Blue Ocean Strategy, value innovation, strategy canvas, four-step framework
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Nov 2020 08:14
Last Modified: 09 Nov 2020 08:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171092
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item