Akomodasi Komunikasi Mahasiswa Baru Dari Luar Jawa Dalam Mengatasi Culture Shock (Stusi Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiswa Luar Jawa Di Kota Malang Angkatan 2018/2019 Universitas Brawijaya )

Arhat, Risa Kartini (2019) Akomodasi Komunikasi Mahasiswa Baru Dari Luar Jawa Dalam Mengatasi Culture Shock (Stusi Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiswa Luar Jawa Di Kota Malang Angkatan 2018/2019 Universitas Brawijaya ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budaya yang beragam merupakan hal yang biasa ditemui di Indonesia yang merupakan negara multikultural. Hal ini memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan budaya lain melalui pola komunikasi berbeda-beda dalam kehidupan sehari-hari terutama pada mahasiswa perantauan yang mencari ilmu di perguruan tinggi diluar daerah asal. Pergantian budaya yang dirasakan oleh mahasiswa ini memungkinkan mereka untuk terkena Culture Shock atau gegar budaya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan oleh mahasiswa baru dari luar jawa dalam mengatasi Culture Shock yang mereka hadapi. Sebagai penelitian interpretatif dengan metode deskriptif kualitatif, maka peneliti mendapatkan data melalui wawancara dan observasi terhadap 7 informan yang merupakan mahasiswa baru di Universitas Brawijaya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Culture Shock yang dialami informan diantara lain, bahasa, budaya, makanan, tingkah laku, tindakan, kebiasaan, nada bicara, dan lain sebagainya. Hal ini mendorong terjadinya Communication apprehention dimana mahasiswa menjadi takut dan cemas untuk melakukan komunikasi dan berinteraksi dengan kebudayaan baru yang menyebabkan terhambatnya proses akomodasi komunikasi. Dari penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dengan kemauan yang besar dan dengan sifat terbuka mampu mengatasi Culture Shock dengan mudah, sedangkan mahasiswa yang cenderung menutup diri dan diam membutuhkan waktu lebih lama, dan bahkan tidak merasa perlu untuk mengatasi Culture Shock yang mereka hadapi.

English Abstract

Diverse cultures are common in Indonesia which is a multicultural country. This allows individuals to interact with other cultures through different communication patterns in everyday life especially in overseas students who are looking for science in universities outside of the home area. The cultural turnover felt by this student allowed them to be exposed to Culture Shock or cultural concussion. The purpose in this study was to know the accomodation of communication used by new students from outside Java in overcoming the Culture Shock they faced. As an interpretive study with qualitative descriptive methods, researchers get data through interviews and observations of 7 informants who are new students at Universitas Brawijaya. The results of the research showed that Culture Shock experienced informant among others, language, culture, food, behavior, actions, habits, speech tone, and so forth. This encourages Communication apprehention where students become afraid and anxious to communicate and interact with new cultures that cause the communication accommodation process. From the research that has been done, it can be concluded that students with a great will and with an open nature are able to cope with Culture Shock easily, while students who tend to close themselves and silence take longer, and Don't even feel the need to cope with the Culture Shock they face.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/543/051905374
Uncontrolled Keywords: Akomodasi Komunikasi, Communication Apprehention, Budaya, Culture Shock, Communication Accomodation, communication apprehention, culture, Culture Shock
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:37
Last Modified: 31 Jul 2020 05:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171088
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item