Hubungan Antara Kepribadian Hardiness Dan Stres Pengasuhan Pada Ibu Dengan Anak Penyandang Autism Spectrum Disorders (Asd)

Arrahmaningtyas, Nadya Deni (2019) Hubungan Antara Kepribadian Hardiness Dan Stres Pengasuhan Pada Ibu Dengan Anak Penyandang Autism Spectrum Disorders (Asd). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian hardiness dan stres pengasuhan pada ibu dengan anak ASD. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 51 ibu yang memiliki anak ASD di Kota Malang dan Kabupaten Bojonegoro. Alat ukur yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu Dispositional Resilience Scale (DRS-15) yang diadaptasi dari Bartone (1995) untuk mengukur kepribadian hardiness dan Parenting Stress Index Short Form (PSI-SF) dari Abidin (1995) untuk mengukur stres pengasuhan. Kedua skala tersebu melalui proses transadaptasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil dari penelitian ini, terdapat korelasi negatif signifikan (r = -.3316) antara kepribadian hardiness dan stres pengasuhan. Effect size pada penelitian ini tergolong sedang (r=0.31)

English Abstract

This study aims to determine the relationship between personality hardiness and parenting stress in mothers with ASD children. This research uses quantitative correlational research with a sample of 51 mothers who have ASD children in Malang City and Bojonegoro Regency. The instrument in collectimg the data weire Dispositional Resilience Scale (DRS-15) adapted from Bartone (1995) to measure hardiness personality and Parenting Stress Index Short Form (PSI-SF) from Abidin (1995) to measure parenting stress. Both instrument were transadaptation. The data was analysed using statistical technique of Pearson Product Moment correlation. The results of this study, there is a negative correlation (r = -.3316) between personality hardiness and parenting stress. This study have moderate effect size (r = 0.31).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/528/051905359
Uncontrolled Keywords: ASD, hardiness, stres pengasuhan, ASD, hardiness, parenting stress
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.2 Individual psychology > 155.25 Development and modification of character and personality
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Oct 2020 05:21
Last Modified: 10 Oct 2020 05:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171049
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item