Kelayakan Lahan Tambak Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur

Hardiana, Fajriyan (2019) Kelayakan Lahan Tambak Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Surabaya tahun 2010-2030, salah satu kawasan yang memiliki peran sebagai hutan lindung mangrove yang terintegrasi dengan ekosistem tambak dan rawa adalah Kecamatan Mulyorejo yang merupakan kawasan sempadan pantai timur Kota Surabaya. Namun Keterbatasan wilayah dan kondisi masyarakatnya yang beragam dalam hal sosial, ekonomi dan pendidikan berdampak pada pengembangan ekonomi berbasis sumber daya alam seperti kegiatan budidaya tambak karena berkaitan dengan pengelolaan lahan dan air mulai dari mata air menuju muara di Surabaya. Pemanfaatan potensi perikanan dan kelautan harus dikelola dengan baik dan bertanggungjawab agar kegiatannya dapat berkelanjutan, sehingga menjadi salah satu sumber modal utama pembangunan Indonesia di masa kini dan masa yang akan datang. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisa kelayakan lahan budidaya tambak udang vaname dalam perencanaan pembangunan perikanan di Kecamatan Mulyorejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan lahan sebagai pengembangan budidaya tambak udang vaname di Kalisari, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur dari parameter kulitas air, tata guna lahan dan geofisik, yaitu derajat keasaman air (pH), salinitas, nitrat, phospat, penggunaan lahan, Rasio C/N tanah, jenis tanah, suhu udara, laju evaporasi dan curah hujan. Metode penelitian yang digunakan adalah penyusunan matrik kelayakan lahan berdasarkan skoring dan pembobotan data pada setiap parameter yang telah diolah menggunakan perangkat lunak ArcGis 10.2 menjadi data spasial (peta tematik). Analisis atribut dilakukan dengan menjumlahkan hasil skor pada seluruh parameter yang telah dilakukan overlay kemudian dievaluasi menjadi 3 klasifikasi yaitu: baik (81-100), sedang (63-80), jelek (45-62). Hasil penelitian ini memperlihatkan kisaran pH 6.78 – 8.86, salinitas 0 – 25 ppt, nitrat 0,05 – 0,26 ppt, phospat 0,04 - 1,71 ppt, Rasio C/N tanah 1-16, jenis tanah typic epiaquepts dan typic endoaquepts, suhu udara 28,8 °C, laju evaporasi 2,84-4,50 mm/hari, curah hujan 1.776-2.201 mm/tahun dan tata guna lahan yang meliputi pemukiman, tambak, mangrove dan lahan kosong. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa lahan yang layak untuk budidaya udang vaname di Kecamatan Mulyorejo adalah seluas 425,18 ha dimana lahan terluas berada di Kelurahan Kalisari yang merupakan kawasan hutan mangrove.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/684/051904415
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.5 Crustacean fisheries > 639.58 Crustacean fisheries (Natantia (Shrimps))
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Oct 2020 00:34
Last Modified: 26 Oct 2020 00:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171037
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item