Diskriminasi Terhadap Tokoh Tokue Sebagai Penderita Kusta yang Tercermin dalam Film An Karya Sutradara Naomi Kawase.

Fidayati, Rizki (2017) Diskriminasi Terhadap Tokoh Tokue Sebagai Penderita Kusta yang Tercermin dalam Film An Karya Sutradara Naomi Kawase. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sastra memiliki hubungan yang sangat dekat dengan manusia karena sastra merupakan hasil karya manusia. Sastra dibuat berdasarkan kehidupan masyarakat yang melatar belakanginya. Salah satunya dalam Film An tokoh Tokue mengalami diskriminasi oleh masyarakat sekitar karena penyakit kusta yang dideritanya. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apa saja penyebab terjadinya diskriminasi terhadap tokoh Tokue sebagai penderita kusta dan bagaimana bentuk diskriminasi terhadap tokoh Tokue sebagai penderita kusta dalam film An karya sutradara Naomi Kawase. Penelitian ini menggunakan pendekatan Sosiologi Sastra Ian Watt dalam Wiyatmi poin kedua yaitu sastra sebagai cerminan masyarakat. Penulis juga menggunakan teori prasangka dan diskriminasi milik Putra, teori diskriminasi milik Hartomo, teori tokoh penokohan, serta teori mise en scene dan sinematografi sebagai teori pendukung dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis oleh Ratna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab terjadinya diskriminasi yang dialami oleh tokoh Tokue sebagai penderita kusta dalam film An karya sutradara Naomi Kawase adalah karena adanya stereotip dan prasangka yang telah melekat pada para penderita kusta. Stereotip yang didasarkan pada keadaan fisik penderita kusta yang kurang sempurna dan mengerikan menjadi penyebab terjadinya diskriminasi. Selain itu, prasangka yang didasarkan pada anggapan yang buruk dan tidak mendasar, serta prasangka yang bersifat keras yang sulit untuk berubah juga menjadi penyebab terjadinya diskriminasi. Diskriminasi yang terjadi dalam berbagai bidang seperti dalam bidang pekerjaan, politik, dan tempat tinggal dialami oleh tokoh Tokue dalam film An karya sutradara Naomi Kawase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/310/051704998
Uncontrolled Keywords: sosiologi sastra, diskriminasi, kusta, prasangka, stereotip.
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jul 2017 07:27
Last Modified: 25 Nov 2020 14:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171
[thumbnail of Rizki Fidayati.pdf] Text
Rizki Fidayati.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (75kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (27kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (7kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item