Analisis Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Pelabuhan Di Pelabuhan Perikanan Pantai (Ppp) Mayangan Kota Probolinggo Jawa Timur

Fadhila, Nadya Yaumil (2019) Analisis Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Pelabuhan Di Pelabuhan Perikanan Pantai (Ppp) Mayangan Kota Probolinggo Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan merupakan salah satu pelabuhan ikan tempat seluruh transaksi perikanan tangkap di kota Probolinggo karena terdapat fasilitas yang mendukung seperti pasar ikan, pabrik es, akses jalan mudah dan lain-lain sehingga aktivitas perekonomian perikanan nelayan terpusat di sana. Alat tangkap yang dominan digunakan di PPP Mayangan Probolinggo terdiri dari Cantrang, Purse Seine, dan Long Line dengan hasil tangkapan terdiri dari ikan demersal dan pelagis. Hasil tangkapan dominan meliputi ikan tongkol, kurisi, dan swangi (Dinas Perikanan, 2015). Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan yang berada di Kota Probolinggo Jawa Timur dilengkapi dengan fasilitas pokok, fasilitas fungsional, dan fasilitas penunjang. Fasilitas yang dimiliki oleh PPP Mayangan sudah lengkap akan tetapi perlu adanya pengembangan untuk menampung hasil tangkapan dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan peran fasilitas pokok, fasilitas fungsional, dan fasilitas penunjang di PPP Mayangan, mengetahui strategi pengembangan PPP Mayangan menggunakan analisis SWOT, dan mengetahui tingkat peman faatan fasilitas PPP Mayangan oleh nelayan dan masyarakat yang melakukan aktivitas di PPP Mayangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui survey. Metode deskriptif yaitu dengan melakukan pengamatan langsung ke lapangan untuk mengamati aspek-aspek yang mencakup dalam lingkup penelitian untuk menggambarkan secara tepat kondisi empiris pada waktu sekarang. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan 2 pendekatan, yaitu analisis tingkat pemanfaatan fasilitas pelabuhan perikanan dan analisis Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats (SWOT) yang melibatkan komponen yang ada di dalam pelabuhan perikanan. Berdasarkan data yang diolah kondisi fasilitas pelabuhan yang terdapat di PPP Mayangan realtif baik, namun perlu adanya penambahan beberapa fasilitas untuk memanfaatkan lahan yang kosong. Strategi pengembangan di PPP Mayangan terletak pada strategi kuadran 1 dimana strategi ini menggunakan fakor kekuatan (S) dan Peluang (O) dan didapatkan strateginya yaitu menciptakan pabrik industri sektor perikanan untuk mendapatkan pendapatan yang lebih , memberikan gambaran informasi disekitar wilayah mayangan dan membuat oleh-oleh sektor perikanan, menjaga kualitas dan kuantitas hasil tangkapan yang tinggi untuk keuntungan yang lebih, memberikan pengawasan terhadap retribusi pajak agar terjaga dengan baik, pembuatan cold storage untuk menampung hasil tangkapan saat harga murah dan menjualnya saat harga mahal. Tingkat pemanfaatan fasilitas di PPP Mayangan pada kolam pelabuhan dapat dikatakan pendayagunaan fasilitas kolam pelabuhan di PPP Mayangan melampaui kondisi optimal, pada tempat pelelangan ikan dapat dikatakan pendayagunaan fasilitas TPI di PPP Mayangan belum optimal, pada dermaga dapat dikatakan pendayagunaan fasilitas dermaga di PPP Mayangan melampaui kondisi optimal.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/636/051904367
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.3 Port facilities
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Oct 2020 05:35
Last Modified: 25 Oct 2021 05:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170882
[thumbnail of Nadya yaumil Fadhila.pdf]
Preview
Text
Nadya yaumil Fadhila.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item