Analisis Perbedaan Produksi Ikan Cakalang Katsuwonus pelamis (Linnaeus, 1758) Di Kabupaten Jember Dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Famiayu, Riska (2019) Analisis Perbedaan Produksi Ikan Cakalang Katsuwonus pelamis (Linnaeus, 1758) Di Kabupaten Jember Dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) merupakan salah satu sumberdaya ikan yang banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Ikan ini merupakan salah satu komoditas perikanan di perairan Kabupaten Jember dan Kabupaten Malang yang potensial dan bernilai ekonomi tinggi serta dimanfaatkan nelayan dengan berbagai jenis teknologi penangkapan ikan. Dengan demikian perlu diketahui data produksi penangkapan pada daerah yang memproduksi jenis ikan tersebut untuk melihat perbedaan dan mengetahui tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan tersebut. Penelitian ini menggunakan data produksi dari dua daerah perairan, yaitu Kabupaten Jember, dan Kabupaten Malang. Data yang digunakan yakni data produksi dengan jumlah perbandingan selama 10 tahun terakhir. Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Januari sampai bulan Maret 2019 di Kabupaten Jember dan Kabupaten Malang, Jawa Timur dengan melalui dua tahapan, tahap pertama pengambilan data sekunder dengan metode survei dan pengambilan data terkait produksi hasil tangkapan ikan cakalang. Sedangkan tahap kedua adalah mengolah data hasil tangkapan menggunakan Uji T statistika. Hasil dari data yang diperoleh kemudian diintegrasikan antara produksi hasil tangkapan dari kedua daerah tersebut. Berdasarkan hasil integrasi diketahui bahwa perbedaan hasil tangkapan ikan cakalang di kedua wilayah tersebut yakni tidak signifikan..

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/550/051904117
Uncontrolled Keywords: Produksi hasil tangkapan, Cakalang, Jember, Malang
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2020 07:11
Last Modified: 19 Aug 2020 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170744
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item