Identifikasi dan pengukuran Gross Tonnage (GT) kapal purse seine tradisional dengan komputasi modeling Di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Karangagung Tuban Jawa Timur

Kurniawan, Dimas Trio (2019) Identifikasi dan pengukuran Gross Tonnage (GT) kapal purse seine tradisional dengan komputasi modeling Di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Karangagung Tuban Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan penelitian mengenai identifikasi dan pengukuran Gross Tonnage (GT) Kapal ikan tradisional ini dilakukan di Pangkalan Pendaratan Ikan Karangagung Kabupaten Tuban yang tertuju pada armada kapal ikan dengan alat tangkap purse seine. Mengingat usaha di bidang perikanan tangkap dalam menghitung kapasitas usahanya yang berkaitan dengan pengelolaan perikanan tangkap didasarkan pada besar muatan kapal atau tonase kapal. Gross Tonnage (GT) kapal memiliki pengaruh yang besar dalam usaha perikanan meliputi kebijakan pengelolaan perikanan tangkap sebagai penetapan pungutan perikanan serta penataan perizinan berlayar. Oleh karena itu pengukuran dan perhitungan Gross Tonnage (GT) sangatlah di perlukan ketelitian maksimal untuk memperbaiki pengelolaan perikanan di indonesia. Metode pengukuran dan perhitungan GT kapal di indonesia sendiri sudah memiliki ketetapan yang telah dikeluarkan oleh kementrian perhubungan melalui dirjen perhubungan laut yang tertulis pada Permen No. 08 tahun 2013 mengenai metode pengukuran dan perhitungan GT kapal. Meliputi faktor pengali yang sudah menjadi ketetapan pemerintah yaitu 0,50 , 0,70, dan 0,85. Faktor tersebut di gunakan hanya berdasarkan jenis dan bentuk dari lambung untuk kapal dengan ukuran <24m sesuai metode pengukuran dalam negeri. Pada penelitian ini telah melakukan identifikasi terhadap karakteristik dan bentuk bangunan kapal yang ada di PPI Karangagung serta melakukan pengukuran terhadap 10 sampel kapal yang sudah mewakili populasi kapal dengan alat tangkap purse seine yang ada di PPI karangagung mendapatkan hasil pengukuran dimensi yang telah di olah dan di lakukan permodelan kapal pada software maxsurf dengan hasil faktor (Cb) rata-rata pada 10 kapal sampel di dapatkan nilai sebesar 0,657 dimana faktor tersebut mewakili rata-rata faktor yang harusnya digunakan dalam menghitung besaran Gross Tonnage (GT) kapal jenis purse seine di PPI karangagung. Dari nilai CB yang di dapatkan tersebut sangatlah mempengaruhi besaran GT yaitu memiliki selisih rata-rata 3 GT atau kenaikan 15% dari nilai GT yang tercantum pada surat ukur untuk dimensi hasil pengukuran, sedangkan untuk dimensi yang ada di surat ukur dan menggunakan faktor (Cb) hasil permodelan di dapatkan selisih 1-2 GT sama dengan 7% lebih kecil dari GT yang ada di surat ukur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/597/05194186
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 688 Other final products and packaging technology > 688.7 Recreational equipment > 688.79 Equipment for fishing, hunting, shooting
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:38
Last Modified: 02 Nov 2020 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170707
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item