Pengaruh Behavioral Intention Terhadap Actual Use Pengguna Go-Jek Indonesia Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model Dan Innovation Diffusion Theory

Heryanta, Jufry (2019) Pengaruh Behavioral Intention Terhadap Actual Use Pengguna Go-Jek Indonesia Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model Dan Innovation Diffusion Theory. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh behavioral intention terhadap actual use pengguna GO-JEK Indonesia dengan pendekatan Technology Acceptance Model dan Innovation Diffusion Theory. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total responden berjumlah 315 orang yang sudah pernah bertransaksi menggunakan aplikasi GO-JEK dan sudah berumur lebih dari 18 tahun. Sampel responden diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Uji instrumen penelitian meliputi uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis menggunakan alat uji Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 3.0. Penelitian ini mengemukakan bahwa persepsi internal (perceived ease of use dan perceived usefulness) dan karakteristik inovasi (innovativeness dan compatibility) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku pengguna layanan transportasi di Indonesia. Sedangkan niat perilaku memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pemakaian aktual.

English Abstract

This research aims to determine the influence of behavioral intention on the actual use of GO-JEK Indonesia users with the Technology Acceptance Model and Innovation Diffusion Theory approach. The type of this research is explanatory research that uses a quantitative approach with 315 total respondent age over 18 years old who experienced transaction using GO-JEK application. Respondent sample was taken using a non-probability sampling technique with purposive sampling method. The research’s instrument test included outer model test, inner model test, and hypothesis test using Partial Least Square (PLS) in SmartPLS 3.0 software. This research finds that the factors of internal perception (perceived ease of use dan perceived usefulness) and innovation characteristic (innovativeness dan compatibility) have a significant and positive influence on the behavioral intention of users online transportation service in Indonesia. While behavioral intention has a positive and significant influence on actual use.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 90SKR/FEB/2019/209/051903709
Uncontrolled Keywords: Behavioral intention; actual use; technology acceptance model (TAM); Innovation Diffusion Theory (IDT); GO-JEK, Behavioral intention; actual use; technology acceptance model (TAM); innovation diffusion theory (IDT); GO-JEK
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.028 5 Computer application
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Oct 2020 15:18
Last Modified: 21 Oct 2021 13:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170645
[thumbnail of Jufry Heryanta.pdf]
Preview
Text
Jufry Heryanta.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item