Analisis Strategi Pemasaran dalam meningkatkan penjualan ikan bandeng (Chanos sp.) di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati , Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Savitri, Rista Amanda (2019) Analisis Strategi Pemasaran dalam meningkatkan penjualan ikan bandeng (Chanos sp.) di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati , Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecamatan Sedati memiliki potensi perikaan budidaya terlihat pada luas terlihat pada luas tambak sebesar 4.100,5 Ha atau 26,39% dari luas tambak Kabupaten Sidoarjo dan menjadi salah satu penyumbang produksi perikanan budidaya terbesar (BPS Sidoarjo, 2017). Wilayah Kecamatan Sedati yang berpotensi dalam pengembangan usaha tambak salah satunya adalah di Desa Kalanganyar yang banyak dijumpai tambak ikan bandeng yang sangat luas berada di kanan kiri jalan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui kondisi pemasaran Desa Kalanganyar menganalisis gambaran faktor internal (kekuatan dan kelemahan) faktor eksternal (peluang dan ancaman) pada aspek pemasaran ikan bandeng di Desa Kalanganyar, dan menyusun skenario strategi pemasaran ikan bandeng alternatif yang dapat meningkatkan produktifitas penjualan pada Desa Kalanganyar. Metode yang digunakan adalah metode meliputi partisipasi aktif, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari kegiatan ini diperoleh data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dengan melakukan pengamatan dan pencatatan dari hasil observasi dan wawancara dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari sumbernya kemudian diolah. Kondisi pemasaran di lokasi penelitian cukup bagus namun kurang maksimal. Ikan yang dipasarkan harganya masih cukup murah yaitu Rp 20.000,00 per Kg . Fungsi pemasaran, konsep pemasaran, strategi pemasaran, bauran pemasaran sampai saluran pemasaran dijalankan dengan baik. Analisis gambaran faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) pada aspek pemasaran ikan bandeng di lokasi penelitian berhasil diidentifikasi. Faktor internal yaitu: Harga ikan bandeng yang ditawarkan lebih rendah dari pasar, pelayanan pemasaran yang ramah tidak memakai antibiotic pada saat budidaya, menggunakan pakan buatan sendiri, ketersediaan bibit yang fluktuatif, SDM yang kurang memadai, akses menuju tambak kurang memadai. Faktor eksternal yaitu : Ikan bandeng merupakan ikan yang digemari, permintaan ikan bandeng meningkat, mulai banyaknya usaha pengolahan ikan bandeng, Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan penghasil protein hewani, peningkatan jumlah pesaing usaha budidaya bandeng, perubahan iklim yang tidak menentu, tren masyarakat dalam pemilihan komoditas yang sering berubah, persepsi masyarakat terhadap ikan bandeng yang memiliki banyak duri. kemudian dimasukan kedalam Matrik IFE dan EFE, dan di cocokkan dengan matrik IE dan SWOT didapatkan hasil bahwa usaha ini masuk kedalam kuadran I yaitu memiliki kemampuan internal yang kuat dan eksternal yang sedang.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/371/051903991
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Oct 2019 01:52
Last Modified: 27 Oct 2021 06:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170622
[thumbnail of Rista Amanda Savitri (2).pdf] Text
Rista Amanda Savitri (2).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item