Pengaruh Suplementasi Bacillus firmus pada Pakan Terhadap Imunitas Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

Muawiyah, Nafidatul (2019) Pengaruh Suplementasi Bacillus firmus pada Pakan Terhadap Imunitas Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu ikan budidaya air tawar yang mempunyai nilai ekonomis. Salah satu kendala yang dihadapi dalam produksi ikan nila yaitu adanya serangan penyakit Motil A. Septicemia (MAS) sehingga menyebabkan kematian 10-85%. Penyakit yang menyerang dapat diatasi dengan pemberian antibiotik. Pemberian antibiotik yang tidak sesuai dapat menyebabkan resistensi terhadap antibiotik, sehingga dibutuhkan cara alternatif dengan pemberian bakteri probiotik. Bakteri probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang memberikan keuntungan bagi kesehatan ikan. Penggunaan bakteri B. firmus sebagai probiotik dapat berupa sel vegetatif dan spora. Namun sel vegetatif tidak stabil dalam proses penyimpanan, sehingga diperlukan bakteri berupa spora karena tahan terhadap lingkungan yang ekstrim dan lebih stabil dalam proses penyimpanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh suplementasi B. firmus pada pakan terhadap imunitas ikan nila (O. niloticus). Penelitian ini dilaksanakan di Labolatorium Budidaya Ikan Divisi Penyakit dan Kesehatan Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang pada bulan Desember 2018 sampai Maret 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan A (suplementasi sel vegetatif B. firmus), perlakuan B (suplementasi spora B. firmus) dan perlakuan C adalah kontrol (tanpa suplementasi B. firmus). Penelitian ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama suplementasi B. firmus selama 49 hari dan tahap kedua dilakukan infeksi dengan bakteri A. hydrophilla selama 7 hari setelah suplementasi B. firmus selama 49 hari. Parameter yang diamati adalah respon imun non spesifik dan kelulushidupan ikan nila. Hasil yang diperoleh dalam penelitian setelah penambahan suplementasi B. firmus pada pakan mampu meningkatkan respon imun non spesifik ikan nila (O. niloticus). Hasil tertinggi (p<0,05) diperoleh pada perlakuan suplementasi spora B. firmus dengan total leukosit, limfosit, hematokrit dan respiratory burst dari pada suplementasi sel vegetatif dan tanpa suplementasi (kontrol). Hasil tertinggi (p<0,05) juga diperoleh pada perlakuan suplementasi spora dengan total neutrofil dan aktifitas fagositosis dari pada perlakuan kontrol, namun pada perlakuan suplementasi sel vegetatif dan spora hasil total neutrofil dan aktifitas fagositosis tidak berbeda nyata (p>0,05). Hasil total monosit tertinggi (p<0,05) diperoleh pada perlakuan kontrol (tanpa suplementasi B. firmus) dari pada perlakuan suplementasi berupa sel vegetatif dan spora. Hasil kelulushidupan ikan nila tertinggi (p<0,05) diperoleh pada perlakuan suplementasi berupa sel vegetatif dan spora dari pada perlakuan kontrol. Pada penelitian ini penambahan suplementasi B. firmus pada pakan memberikan pengaruh terhadap imunitas dan kelulushidupan ikan nila (O. niloticus) dan perlakuan terbaik diperoleh pada suplementasi spora B. firmus.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/365/051903985
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.37 Culture of amphibians and specific kinds of fishes > 639.377 Culture of specific kinds of fishes (Perciformes)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Oct 2020 17:04
Last Modified: 27 Oct 2021 06:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170613
[thumbnail of Nafidatul Muawiyah (2).pdf]
Preview
Text
Nafidatul Muawiyah (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item