Kusumastuti, Anindita (2019) Tingkat Konsumsi Olahan Ikan Kaleng Sarden Merek ABC Pada Kalangan Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah konsumsi makanan dapat mempengaruhi status gizi seseorang. Kurangnya konsumsi makanan baik secara kuantitas maupun kualitas pada segala usia dapat menyebabkan gangguan dalam proses produksi tenaga dan pertahanan tubuh. Gangguan dalam produksi tenaga dapat menyebabkan individu kekurangan tenaga untuk bergerak bekerja, dan melakukan aktivitas lainnya). Ikan menyumbang 60–70% dari kebutuhan protein hewani masyarakat. Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang sangat dibutuhkan oleh manusia, hal ini dikarenakan ikan mengandung protein yang cukup tinggi. Di era modern saat ini banyak sekali makanan siyap saji yang memudahkan kita dalam mengkonsumsi suatu produk makanan. Salah satunya yaitu olahan ikan sarden kaleng, ikan kaleng sarden merupakan makan yang praktis dan mudah untuk diperoleh. Salah satu contoh merek ikan kaleng sarden yaitu ikan kaleng sarden merek ABC. Olahan ikan kaleng sarden merek ABC sudah tidak asing untuk kita, sarden ABC ini diproduksi oleh PT. Heinz ABC Indonesia. PT. Heinz sendiri merupakan perusahaan besar di Asia. PT. Heinz tidak hanya memproduksi ikan kaleng sarden namun juga memproduksi makanan-makanan lainnya. Objek dalam penelitian yang digunakan adalah mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Hal yang mendasari dalam memilih objek penelitian ini dikarenakan pada dasarnya mahasiswa di FPIK mendapatkan ilmu mengenai perikanan sedangan mahasiswa di FISIP tidak mendapatkan ilmu mengenai perikanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : mengetahui tingkat konsumsi olahan ikan kaleng sarden merek ABC pada mahasiswa FPIK dan mahasiswa FISIP di Universitas Brawijaya, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi olahna ikan kaleng sarden merek ABC pada mahasiswa FPIK dan mahasiswa FISIP di Universitas Brawijaya, dan menganilis faktor dominan yang mempengaruhi tingkat konsumsi olahan ikan kaleng sarden merek ABC pada mahasiswa FPIK dan mahasiswa FISIP di Universitas Brawijaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus dimana data diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada 44 responden per fakultas. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FPIK dan mahasiswa FISIP di Universitas Brawijaya. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah sebagian mahasiswa FPIK dan FISIP yang berangktan 2015,2016, dan 2017. Teknik pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, studi pustaka. Selanjutnya dari data yang diperoleh dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Dari hasil analisi data mahasiswa FPIK menggunakan regresi linear berganda diperoleh persamaan : Y = -2,472 + 0,080 + 0,091 + 0,134 + 0,091 + 0,118 + e. Dari hasil analisi data mahasiswa FISIP menggunakan regresi linear berganda diperoleh persamaan : Y = -2,293 + 0,080 + 0,085 + 0,171 + 0,078 + 0,100 + e . Pada uji koefisien determinasi (R2) pada mahasiswa FPIK didapatkan nilai sebesar 86,2% yang berarti variabel dependen (tingkat konsumsi) dipengaruhi oleh variabel independen (uang saku, pengetahuan, harga, kualitas dan citra merek) sebesar 86,2%, sisanya yaitu 13,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Sedangkan pada mahasiswa FISIP didapatkan nilai sebesar 82% yang berarti variabel dependen (tingkat konsumsi) dipengaruhi oleh variabel independen (uang saku, pengetahuan, harga, kualitas dan citra merek) sebesar 82%, sisanya yaitu 18% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Hasil penelitan uji F menunjukan bahwa secara simultan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi sarden ABC pada mahasiswa FPIK dan FISIP meliputi uang saku (X1), pengetahuan (X2), harga (X3), kualitas (X4) dan citra merek (X5) secara signifikan mempengaruhi tingkat konsumsi sarden ABC pada mahasiswa FPIK dan FISIP. Hasil uji F FPIK didapatkan nilai Fhitung 47,421 > Ftabel 2,46 maka dapat disimpulkan bahwa independen (uang saku, pengetahuan, harga, kualitas, dan citra merek) berpengaruh secara signifikan tehadap variabel dependen (tingkat konsumsi). Hasil dari uji F FISIP diperoleh nilai Fhitung 34,639 > Ftabel 2,46 maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen (uang saku, pengetahuan, harga, kualitas, dan citra merek) berpengaruh secara signifikan tehadap variabel dependen (tingkat konsumsi). Dari data yang didapatkan pada uji t yang telah dilakukan pada tiap-tiap variabel independen pada FPIK dan FISIP diketahui bahwa variabel harga memiliki nilai koefisien ɑ paling besar diantara keempat variabel lainnya, maka dapat disimpulkan variabel harga adalah variabel yang paling dominan atau variabel yang berpengaruh dalam tingkat konsumsi sarden ABC di FPIK dan FISIP.
English Abstract
-
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPIK/2019/342/051903839 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 10:57 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 05:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170551 |
Preview |
Text
Anindita Kusumastuti.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |