Produksi Spora dan Efisiensi Sporulasi Bacillus sp. pada Media dengan Sumber Karbon yang Berbeda

Nugroho, Kurnia Wisnu (2019) Produksi Spora dan Efisiensi Sporulasi Bacillus sp. pada Media dengan Sumber Karbon yang Berbeda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bacillus sp. merupakan salah satu bakteri gram positif yang dapat dimanfaatkan sebagai probiotik. Probiotik merupakan alternatif dari penggunaan antibiotik. Probiotik yang didistribusikan dipasaran pada umumnya dalam bentuk sel vegetatif. Sel vegetatif memiliki kelangsungan hidup lebih rendah dibandingkan bentuk spora. Bakteri Bacillus sp. merupakan salah satu bakteri yang dapat menghasilkan spora. Untuk memproduksi spora Bacillus sp. membutuhkan nutrisi utama berupa nitrogen dan karbon. Oleh karena itu, diperlukan sumber karbon alternatif dengan harga yang terjangkau dan mudah diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian sumber karbon yang berbeda terhadap produksi spora dan efisiensi sporulasi Bacillus sp. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Budidaya Ikan Divisi Penyakit dan Kesehatan Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang pada Bulan Januari sampai Februari 2019. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dimana perlakuan yang diberikan berupa sumber karbon alternatif tepung ubi ungi, tepung maizena, tepung kanji dan tepung terigu dengan NB sebagai kontrol dan mengguanakan 3 ulangan. Semua tepung menggunakan dosis 16 gr/l. Parameter yang diamati adalah kepadatan sel vegetatif, kepadatan spora, efisiensi sporulasi dan perkecambahan. Pemberian sumber karbon yang berbeda memberikan pengaruh terhadap produksi spora dan efisiensi sporulasi bakteri Bacillus sp. Kepadatan sel vegetatif tertinggi terdapat di perlakuan tepung terigu pada pengamatan jam ke 14 yaitu 1,26x109 sel/mL, dan terendah perlakuan tepung kanji dengan kepadatan bakteri 2,02x107 sel/mL. Perhitungan jumlah kepadatan spora menunjukan nilai tertinggi pada perlakuan tepung terigu di jam ke 120 dengan kepadatan 1,18x109 sel/mL, dan kepadatan terendah dengan perlakuan tepung kanji dengan kepadatan 1,77x107 sel/mL. Efisiensi sporulasi tertinggi ada pada perlakuan tepung ubi ungu sebesar 96,31% dan hasil terendah pada perlakuan tepung maizena sebesar 75,03%. Hasil perkecambahan paling tinggi pada perlakuan tepung terigu sebesar 10,01x108 dan dengan kepadatan terendah pada tepung kanji sebesar 0,19x108.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/531/051904098
Uncontrolled Keywords: Spora, Sporulasi, Bacillus sp
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.3 Prokaryotes > > 579.362 Bacillus
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:49
Last Modified: 11 Sep 2019 03:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170497
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item