Pengaruh Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung Di Wisata Paralayang Kota Batu (Survei Pada Mahasiswa Strata 1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Dan Ilmu Administrasi Publik Di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Ristanti, Dea Rahmadani (2018) Pengaruh Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung Di Wisata Paralayang Kota Batu (Survei Pada Mahasiswa Strata 1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Dan Ilmu Administrasi Publik Di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang pengaruh motivasi terhadap keputusan berkunjung di Wisata Paralayang Kota Batu. Motivasi merupakan faktor penting bagi calon wisatawan di dalam mengambil keputusan mengenai daerah tujuan wisata yang akan dikunjungi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Motivasi dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Keputusan Berkunjung Wisatawan. Populasi dan Sampel yang digunakan adalah Mahasiswa yang telah berkunjung di Wisata Paralayang Kota Batu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 101 responden. Hasil uji t dari penelitian menunjukan bahwa sig. 0,000 < 0,05 yang berarti Motivasi yang terdiri dari Motivasi Fisik, Motivasi Sosial dan Motivasi Fantasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Berdasarkan hasil Uji t dapat diketahui bahwa item Motivasi Fisik, Motivasi Sosial, dan Motivasi Fantasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Hasil Uji t juga menunjukan bahwa Motivasi Fisik pada item (X1.1 ) memiliki pengaruh yang kuat disbanding item lain. Sehingga pada hasil penelitian ini item (X1.1) pada variabel Motivasi Fisik memilik pengaruh yang dominan terhadap keputusan berkunjung.

English Abstract

This research was purposed to know and explain the influence of motivation against the decision of the visiting Paralayang Tourism, Batu. motivation is an important factor for prospective tourist in taking decisions about the destinations to be visited. in this study using the quantity method. This study using quantitative methods. Independent variables used in this study is motivation and dependent variables in this study is the decision of tourists visiting. Populations and samples used are tourists who visit on Paralayang Tourism. Sampling tehniques using purposive sampling. The sample used in this study amounted to 101 respondents. Based on the t test result was showed that Sig. 0,000 < 0,05, which means the motivation which consists of Physical motivation, social motivation and fantasy motivation have a significant influence on tourists visiting decision. Based on the t results showed that the variabls of physical motivation, social motivation and fantasy motivation significantly influence tourist visiting decision. T test results also showed that the physical motivation in item X1.1 have had the most powerful effect compared with other items, so the item X1.1 in physical motivation variable have the dominant influence on the tourists visiting decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1243/051904211
Uncontrolled Keywords: Motivation, Tourists Visiting Decision, Paralayang
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:22
Last Modified: 13 Sep 2022 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170444
[thumbnail of Dea Rahmadani Ristanti.pdf] Text
Dea Rahmadani Ristanti.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item