Analisis Sifat Fisika, Organoleptik Dan Kandungan Serat Pangan Pada Mi Instan Patin (Pangasius Pangasius) Dengan Fortifikasi Spirulina Platensis Terenkapsulasi Kappa – Iota Karaginan

Tampubolon, Raja Dolly (2019) Analisis Sifat Fisika, Organoleptik Dan Kandungan Serat Pangan Pada Mi Instan Patin (Pangasius Pangasius) Dengan Fortifikasi Spirulina Platensis Terenkapsulasi Kappa – Iota Karaginan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mi instan merupakan produk pangan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, karena rasanya yang enak dan proses pembuatannya yang praktis. Konsumsi mi instan di Indonesia mencapai 75 bungkus/ kapita/ tahun. Hal ini diperkuat dengan data dari Riskesdas, yaitu 6 dari 10 orang di Indonesia konsumsi mi instan lebih dari 1 kali dalam sehari. Mi instan memiliki kandungan karbohidrat yang relatif tinggi sehingga menjadi salah satu bahan pangan. Namun, komponen lainnya yang bermanfaat bagi tubuh sangat rendah seperti protein dan serat pangan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kandungan protein dan serat pangan pada mi instan dapat dilakukan dengan menambahkan sumber protein seperti daging ikan patin dan Spirulina plantesis. Penambahan Spirulina plantesis pada mi instan ikan patin dapat mempengaruhi rasa dan aroma dari mi instan menjadi amis sehingga dapat mempengaruhi tingkat penerimaan konsumen terhadap produk mi instan. Metode mikroenkapsulasi merupakan salah satu metode yang dapat mengurangi rasa dan aroma amis yang berasal dari Spirulina plantesis tanpa mempengaruhi kandungan gizi pada Spirulina plantesis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi Spirulina platensis terenkapsulasi kappa iota karaginan terhadap sifat fisika, organoleptik dan serat pangan pada mi instan ikan patin (Pangasius pangasius). Penelitian berlangsung pada bulan Januari - Maret 2019. Proses pembuatan mi, uji organoleptik dan uji proksimat dilakukan di Laboratorium Nutrisi dan Perekayasaan Hasil Perikanan Fakultas Perikanan llmu Kelautan, pengujian sifat fisika mi di Laboratorium Rekayasa dan Teknologi Pengolahan Pangan Fakultas Teknologi Pertanian, dan uji serat pangan di Laboratorium Gizi Universitas Airlangga dan pengukuran partikel tepung di Laboratorium Keamanan Hasil Perikanan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Rancangan percobaan dalam penelitian utama adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana dengan menggunakan 4 sublevel dan 5 kali ulangan. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini yaitu penambahan Spirulina platensis tanpa enkapsulasi 4% dan penambahan Spirulina platensis terenkapsulasi kappa iota 4%, 4,5% dan 5% pada mi instan. Variabel terikat yaitu analisis fisika meliputi cooking loss, elongasi, dan tekstur (kuat tarik), analisis kimia meliputi kadar protein, kadar air, kadar lemak, kadar abu, kadar karbohidrat, asam lemak, dan organoleptik meliputi rasa, aroma, tekstur dan warna. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan ANOVA dengan aplikasi SPSS V.22 untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap beberapa parameter uji. Jika analisis keragaman menunjukkan adanya perbedaan pada selang kepercayaan 95%, maka dilanjutkan dengan uji duncan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/402/051903959
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.39 Game and seafood
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Nov 2020 13:43
Last Modified: 27 Oct 2021 00:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170421
[thumbnail of Raja Dolly Tampubolon (2).pdf] Text
Raja Dolly Tampubolon (2).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (15kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item