Praktik Sempetan Santriwati di Pondok Pesantren X Kabupaten Jombang”

Faizah, Laillatul (2019) Praktik Sempetan Santriwati di Pondok Pesantren X Kabupaten Jombang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian mengenai praktik sempetan santriwati pondok pesantren X ini, bertujuan mengetahui proses sempetan yang dilakukan oleh santriwati alumni pondok pesantren X, serta cara bertahan santriwati di dalam pesantren dengan melakukan praktik sempetan. Penelitian ini menggunakan alat analisa teori praktik Pierre Bourdieu, dengan habitus, ranah, strategi dan modal yang dimiliki. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Kemudian, dalam menyajikan data menggunakan tahap seperti yang terdapat pada pendekatan fenomenologi, dengan menggeneralisir hasil-hasil dari temuan. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang dipadukan dengan snowball. Hasil dari penelitian mengenai praktik sempetan santriwati ini menunjukkan bahwa praktik sempetan terjadi karena habitus, yakni hal-hal yang ada di dalam kehidupan sehari-hari di pondok pesantren X dan telah dianggap sebagai suatu kewajaran, seperti mandi bersama, mengganti baju di depan teman sesama santriwati. Selain itu juga dapat dipengaruhi oleh adanya pengalaman yang dimiliki oleh santriwati, seperti patah hati yang membuat santriwati tidak berkeinginan untuk mengenal laki-laki. Pondok pesantren X sebagai ranah akan terjadi suatu negoisasi di dalamnya, negoisasi terjadi antara nilai pesantren yang melarang adanya praktik sempetan dan kebiasaan santriwati yang dapat mendorong praktik sempetan menjadi ada. Dalam melancarkan aksinya melakukan praktik sempetan, santriwati memiliki strategi, yang berperan sebagai model untuk melakukan pendekatan terhadap sasarannya, dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan terhadap sasarannya. Kemudian dalam bertahan diantara nilai yang melarang dan habitus yang telah terbentuk, santriwati menggunakan modal sosial dan modal budaya yang dimilikinya

English Abstract

Research about sempetan practice of girl muslim student in X muslim boarding school in Jombang Regency, has aim to know the process of sempetan that is done by the alumnus girl muslim student X muslim boarding school, by the way to survive of girl muslim student in dormitory by doing sempetan practice. This research uses analysis instrument practice theory Pierre Bourdieu with habitus, realm, strategy and asset who had by its self. The method that is used on this research is qualitative by used fenomenology approach. Then, for present the data use step as found on fenomenology approach, by the generelaized the results from finding. Determination technique informan on this research is used purposive sampling technique that is combined with snowball. The result from this research about sempetan practice of girl muslim student show that sempetan practice happend because habitus, it is something that is present in every real life in muslim boarding school and it is concidered as something reasonable or natural. For example, take a bath together, change the cloth in front of same girl friend. Beside that, it can also influence by experience of girl muslim student as broken heart that is made them had no to know about men. X muslim boarding school as realm will be happend negoization in deep, negoization happend beetween muslim boarding school grade that is foribided sempetan practice to be there. By smoothing it's action about sempetan practice, girl muslim student has strategy, have a role as model to do approach toward the target, and the target is for give comfortable for other target. Then, on survive among forbidden rules and habitus that made the girl muslim student used social modal and culture modal they have.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/446/051903897
Uncontrolled Keywords: praktik sempetan, santriwati, pondok pesantren. sempetan practice, girl muslim student, muslim boarding school.
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.32 Socialization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Aug 2020 03:06
Last Modified: 16 Aug 2020 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170346
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item