Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Penanggulangan Tambang Pasir Ilegal Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro

Awaludin, Mochamad Elda Rochmatika (2019) Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Penanggulangan Tambang Pasir Ilegal Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Kabupaten Bojonegoro terdapat kegiatan tambang pasir ilegal di sungai bengawan solo yang menimbulkan permasalahan. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro sudah melakukan upaya penanggulangan permasalahan tersebut. Selain upaya dari pemerintah, ternyata masyarakat juga berpartisipasi dalam upaya penanggulangan permasalahan. Penelitian ini ingin mengetahui lebih dalam mengenai permasalahan yang disebabkan kegiatan tambang pasir ilegal. Penelitian ini juga ingin mengetahui partisipasi masyarakat dalam upaya penanggulangan tambang pasir ilegal sungai bengawan solo di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan analisis data Miles, Huberman dan Saldana. Fokus dari penelitian ini adalah ingin mengetahui partisipasi masyarakat, faktor apa yang mempengaruhi dan bentuk partisipasi seperti apa yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat partisipasi masyarakat dalam upaya penanggulangan tambang pasir ilegal sungai bengawan solo di Kabupaten Bojonegoro. Faktor yang mempengaruhi partisipasi adalah tingkat pengetahuan, tingkat kesadaran, kerusakan lingkungan, hubungan sosial, iklim sosial ekonomi dan kebebasan. Kemudian bentuk bentuk partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Bojonegoro adalah dengan partisipasi harta benda, tenaga, informasi dan partisipasi dalam pengambilan keputusan lingkungan.

English Abstract

In Bojonegoro Regency there are illegal sand mining activities in the Bengawan Solo River which cause problems. The Bojonegoro District Government has made efforts to overcome these problems. Beside that, it turned out that the community also participated in efforts to overcome the problem. This study wants to know more about the problems caused by illegal sand mining activities. This study also wants to find out about community participation in efforts to prevent illegal sand miningon the Bengawan Solo River in Bojonegoro Regency. This study uses descriptive qualitative methods. Data collection by interviews, observation and documentation then the results were analyzed using data analysis of Miles, Huberman and Saldana. The focus of this study is to find out about community participation, what factors influence and what kind of participation the community has made. The results of this study are that there is community participation in efforts to tackle the illegal sand bengawan solo mine in Bojonegoro Regency. Factors that influence community participation are the level of knowledge, level of awareness, environmental damage, social relations, socio-economic climate and freedom. Then the form of participation by the community of Bojonegoro Regency is with property participation, energy, information and participation in environmental decision making.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/327/051903724
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Permasalahan Lingkungan, Komunikasi Lingkungan dan Tambang Pasir Community Participation, Environmental Problems, Environmental Communication and Sand Mines.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Aug 2020 08:31
Last Modified: 15 Aug 2020 08:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170290
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item