Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Air Minum Dalam Kemasan Q-Jami’ (Produksi Cv Masjid Agung Jami’ Malang)

Fahmi, Faishal (2019) Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Air Minum Dalam Kemasan Q-Jami’ (Produksi Cv Masjid Agung Jami’ Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Q-Jami’ merupakan salah satu produk air minum dalam kemasan yang masih baru dikota malang. Untuk itu dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk ini dibutuhkan salah satu bentuk promosi yang sering digunakan seperti word of mouth. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu variabel word of mouth diantaranya adalah talkers (X1), Topics (X2) , tools (X3), Taking Part (X4) dan Tracking (X5) serta variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada air minum dalam kemasan Q-Jami’. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian explanatory research untuk menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel yang diteliti. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen produk air minum dalam kemasan Q-Jami’ yang berjumlah 250 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Uji instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji realibilitas dengan piranti SPSS 20. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh antara variabel word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen air minum dalam kemasan Q-Jami’. Maka dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel word of mouth diantaranya adalah talkers, topics, tools, taking part dan tracking berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari hasil statistik dapat diperoleh kesimpulan bahwa variabel word of mouth diantaranya adalah talkers, topics, tools, taking part dan tracking memiliki pengaruh sebesar 51,8% terhadap variabel keputusan pembelian dimana sisanya yaitu sebesar 48,2 % dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain.

English Abstract

Q-Jami 'is one of the new bottled drinking water products in the city of Malang. For that in influencing consumer purchasing decisions on this product, one form of promotion is needed that is often used such as word of mouth The variables used in this study consisted of independent variables namely word of mouth variables including talkers (X1), Topics (X2), tools (X3), Taking Part (X4) and Tracking (X5) and the dependent variable, namely purchasing decisions (Y ) The purpose of this study is to find out and analyze the effect of word of mouth on consumer purchasing decisions on drinking water in Q-Jami packaging. The type of research used in this research is explanatory research to explain the relationship or influence between the variables studied. Respondents in this study were 250 consumers of drinking water products in Q-Jami packaging. The method of data collection in this study uses a questionnaire which is measured by a Likert scale. The test of this research instrument uses validity test and reliability test with SPSS 20. The method of data analysis uses multiple linear regression analysis to determine the effect of word of mouth variables on consumers' purchasing decisions in Q-Jami packaging. Then from the results of this study indicate that word of mouth variables including talkers, topics, tools, taking parts and tracks have a significantly positive effect on consumer purchasing decisions. From the statistical results, it can be concluded that word of mouth variables include talkers, topics, tools, taking parts and tracks which have an influence of 51.8% on purchasing decision variables where the remainder is 48.2% influenced by variables or other factors.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/144/051903623
Uncontrolled Keywords: word of mouth, talkers, Topics, tools, Taking Part, Tracking, keputusan pembelian, word of mouth, talkers, topics, tools, Taking Part, Tracking, purchasing decisions.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:33
Last Modified: 21 Oct 2021 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170177
[thumbnail of Faishal Fahmi.pdf]
Preview
Text
Faishal Fahmi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item