Audit Manajemen Pemasaran untuk Menilai Efektivitas dan Efesiensi Fungsi Pemasaran (Studi Kasus Pada PT. Bank CIMB Niaga Cabang Malang)

Audiyanto, Dickxie (2019) Audit Manajemen Pemasaran untuk Menilai Efektivitas dan Efesiensi Fungsi Pemasaran (Studi Kasus Pada PT. Bank CIMB Niaga Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Liberalisasi perbankan yang ada di Indonesia saat ini berdampak pada peningkatan persaingan perusahaan perbankan untuk mendapatkan calon nasabah. Dalam hal memenangkan persaingan tersebut pihak bank harus menjalankan fungsi pemasaran dengan baik dan efisien agar mendapatkan nasabah yang banyak. Guna menilai efektifitas fungsi pemasaran tersebut maka perusahaan harus melakukan audit menajemen pemasaran. Audit manajemen fungsi pemasaran PT Bank CIMB Niaga ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas dan efisiensi fungsi pemasaran yang sudah dilaksanakan oleh PT Bank CIMB Niaga Cabang Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berbentuk studi kasus, melalui studi lapangan antara lain yang berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Penilaian efektifitas dan efisiensi pemasaran dianalisis dan dievaluasi dengan membandingkan antara criteria, sebab, dan akibat serta pemberian rekomendasi. Berdasarkan audit manajemen pemasaran yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan fungsi pemasaran pada PT Bank CIMB Niaga Cabang Malang masih mengalami berbagai permasalahan baik itu yang bersifat eksternal yang bersumber dari pesaing dan lingkungan sosial maupun dari sisi internal seperti adanya strategi, organisasi, dan sistem pemasaran yang kurang efektif walaupun sebagian besar sudah dijalankan dengan baik, produktifitas pemasaran masih belum terpenuhi, tingkat efisiensi pemasaran PT Bank CIMB Niaga Cabang Malang sudah tergolong efektif.

English Abstract

The current liberalization of banking in Indonesia has given tremendous impact on the competition among banking companies to attract potential customers. One of the efforts to win the competition is by performing marketing functions properly and efficiently. To assess the effectiveness of the marketing functions, banking companies should conduct a marketing management audit. The marketing management audit towards PT Bank CIMB Niaga of Malang thus aims at analyzing the effectiveness and efficiency of the marketing functions performed by the bank. This qualitative descriptive research applies a case study approach by doing field study using interview, observation, documentation, and questionnaire methods. The assessment on the effectiveness and efficiency are carried out by comparing the criteria, identifying the causes and effects, and providing some recommendations. The result of the marketing management audit implies that the implementation of the marketing functions at PT Bank CIMB Niaga of Malang still encounters some problems, be it caused by such external factors as competitors and social environment or internal ones like less effective strategy, organization, and marketing system in addition to unfulfilled marketing productivity. Above all, however, the marketing management level of PT Bank CIMB Niaga Malang is considered effective.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/228/051903602
Uncontrolled Keywords: Management Audit, Effectiveness, Efficiency, Marketing Functions / Audit Manajemen, Efektifitas, Efisiensi, Fungsi Pemasaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting > 657.45 Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:34
Last Modified: 25 Oct 2019 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170169
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item