Strategi Mempertahankan Hubungan Romantis Dalam Lingkungan Pondok Pesantren (Studi Fenomenologi Pada Santriwan Santriwati Di Sma Darul „Ulum 2 Jombang, Pondok Pesantren Darul „Ulum)

Putri, Ivo Fauziana (2019) Strategi Mempertahankan Hubungan Romantis Dalam Lingkungan Pondok Pesantren (Studi Fenomenologi Pada Santriwan Santriwati Di Sma Darul „Ulum 2 Jombang, Pondok Pesantren Darul „Ulum). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada usia remaja seseorang mulai melewati masa pubertas yang dapat ditandai dengan munculnya ketertarikan terhadap lawan jenis. Hubungan romantis atau pacaran menjadi suatu ikatan simbolis yang terjalin antara dua lawan jenis yang ditandai dengan perasaan tertarik untuk saling mengenal lebih jauh. Hubungan romantis dapat dipertahankan dan kadang dapat dihancurkan, sehingga kondisi hubungan romantis sangat bergantung pada kemampuan dalam menjalin komunikasi antara pasangan romantis. Hal ini justru menjadi tantangan tersendiri bagi pasangan romantis yang menjalani hubungan dalam lingkungan pondok pesantren, karena pondok pesantren pada umumnya menitik beratkan santri pada pendidikan kognitif agama Islam dan menerapkan sistem pemisahan antara laki-laki dan perempuan. Melalui desain penelitian fenomenologi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik yang dialami pasangan romantis terbagi menjadi tiga jenis, yaitu konflik internal individu, konflik internal pasangan, dan faktor eksternal pasangan. Dalam menjaga hubungan romantis, tentu afeksi juga menjadi salah satu kebutuhan sosial yang penting bagi pasangan romantis. Bentuk afeksi yang ditunjukkan oleh pasangan romantis di pondok pesantren juga meliputi afeksi verbal dan non-verbal yang tidak termasuk physical affection. Pasangan romantis di pondok pesantren juga menyebutkan bahwa terdapat empat pegangan utama yang membuat hubungannya dapat bertahan hingga saat ini, yaitu komitmen, kepercayaan, humor, dan meyakinkan pasangan

English Abstract

A teenager's age starts past puberty which can be marked by the emergence of interest in the opposite sex. Romantic or dating relationships become a symbolic bond that exists between two opposite sexes that are characterized by feelings of interest in getting to know each other even further. Romantic relationships can be maintained and sometimes can be destroyed, so the condition of a romantic relationship depends on the ability to establish communication between romantic partners. This is precisely a challenge for romantic couples who have romantic relationships in Islamic boarding schools, because Islamic boarding schools generally focus on Islamic cognitive education and implement a system of separation between men and women. Through phenomenological research design, the results of this study show that the conflicts experienced by romantic couples are divided into three types, including individual internal conflict, partner internal conflict, and conflict due to the partner's external factors. In maintaining a romantic relationship, certainly affection is also one of the important social needs for romantic couples. The form of affection shown by romantic couples in boarding schools also includes verbal and non-verbal affections that do not include physical affection. The romantic couple at the Islamic boarding school also mentions that there are four main handles that make the relationship last until now, including commitment, trust, humor, and convincing partners

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/409/051903733
Uncontrolled Keywords: Hubungan romantis, mempertahankan hubungan, pondok pesantren, santriwan-santriwati Romantic relationship, relationship maintenance, Islamic boarding school, santriwan santriwati
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication > 302.222 Nonverbal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jul 2020 08:14
Last Modified: 19 Jul 2020 08:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170163
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item