Analisis Middle Income Trap Indonesia Dengan Korea Selatan

Ginting, Sue Rebeka Slovana Angelika (2019) Analisis Middle Income Trap Indonesia Dengan Korea Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia diprediksi menjadi salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi dunia dalam beberapa dekade ke depan. Hingga tahun 2015, tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia masih stagnan pada kategori middle income dan sudah terindikasi terjebak ke dalam middle income trap. Namun, keberhasilan pembangunan ekonomi Korea Selatan dapat dijadikan gambaran bagi negara berkembang dalam membuat strategi untuk menghadapi middle income trap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis situasi middle income trap di Korea Selatan sebagai salah satu studi untuk Indonesia melalui faktorfaktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang terdiri dari penanaman modal asing, ekspor teknolgi tinggi, tingkat pendidikan tinggi, pembentukan modal tetap bruto dan rasio ketergantungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi panel dengan menggunakan data Indonesia dan Korea Selatan pada tahun 1985-2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspor teknologi tinggi menjadi salah satu kunci keberhasilan Korea Selatan untuk keluar dari middle income trap.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/127/051903606
Uncontrolled Keywords: middle income trap, perlambatan pertumbuhan ekonomi,
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.9 Economic development and growth > 338.95 Economic development and growth (Asia)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Oct 2020 05:33
Last Modified: 21 Oct 2021 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170156
[thumbnail of Sue Rebeka Slovana Angelika Ginting.pdf]
Preview
Text
Sue Rebeka Slovana Angelika Ginting.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item