Strategi Promosi PT. Bank Jatim, Tbk. Kantor Cabang Blitar dalam Pemasaran Kredit Multiguna

Aini, Aprina Sari (2019) Strategi Promosi PT. Bank Jatim, Tbk. Kantor Cabang Blitar dalam Pemasaran Kredit Multiguna. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengkaji mengenai strategi promosi PT. Bank Jatim, Tbk. terhadap para nasabahnya, dengan didasari oleh konsep promotion mix yang difokuskan pada pelaksanaan kegiatan periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan penjualan langsung dari perusahaan kepada nasabah. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi promosi yang digunakan PT. Bank Jatim cabang Blitar dalam upayanya untuk memasarkan produk Kredit Multiguna (KMG) kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tataran analisis deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam laporan ini membahas mengenai strategi promosi yang digunakan PT. Bank Jatim, Tbk. kantor cabang Blitar dalam upayanya untuk memasarkan salah satu jenis produk kredit berupa Kredit Multiguna (KMG) Bank Jatim pada masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diketahui strategi promosi penjualan yang dilakukan Bank Jatim cabang Blitar dalam memasarkan produk kredit Multiguna antara lain adalah memasang iklan di media cetak, media sosial, serta radio. Memberikan undian berhadiah serta pemberian potongan bunga khusus saat event tertentu, selalu aktif melakukan kerjasama sponsorship dan membuka stand ketika ada pameran yang diadakan oleh instansi atau pihak terkait, serta melakukan penjualan personal (personal selling) antara karyawan atau marketer divisi kredit dengan calon nasabah. Diantara berbagai macam bauran pemasaran yang ada, personal selling merupakan salah satu bentuk promosi yang paling efektif untuk dilakukan. Perlu disadari bahwa kesuksesan sebuah strategi promosi yang dilakukan Bank Jatim cabang Blitar tidak hanya tergantung pada kualitas produk yang dihasilkan, kebijakan yang tepat, serta pelayanan yang cepat, tetapi banyak tergantung pada pembinaan hubungan baik yang berkelanjutan (sustainable relationship) antara karyawan Bank Jatim cabang Blitar dengan calon nasabahnya.

English Abstract

In this study the researcher tried to examine the promotion strategy of PT. Bank Jatim, Tbk. to its customers, based on the promotion mix concept that is focused on implementing advertising activities, sales promotion, public relations, personal sales, and direct sales from the company to customers. The purpose of the study was to describe how the promotion strategy used by PT. Bank Jatim Blitar in its efforts to market Multipurpose Loan (Kredit Multiguna - KMG) products to the public. This research is a qualitative research with a qualitative descriptive analysis level. The focus of this study discusses the promotional strategies used by PT. Bank Jatim, Tbk. Blitar in its efforts to market one type of credit product in the form of Multipurpose Loan (Kredit Multiguna - KMG) Bank Jatim to the public. Based on the results of research and discussions that have been conducted, it can be seen that the sales promotion strategy conducted by Bank Jatim Blitar in marketing Multipurpose Loan (Kredit Multiguna - KMG) products includes advertising in print media, social media, and radio. Gave lottery prizes and special interest deductions during certain events, always actively conducting sponsorship cooperation and opening booth when there are exhibitions held by agencies or related parties, as well as making personal sales between employees or marketers of the credit division with prospective customers. Among the various types of marketing mix, personal selling is one of the most effective forms of promotion to do. It needs to be realized that the success of a promotional strategy conducted by Bank Jatim Blitar not only depends on the quality of the products produced, the right policies, and fast service, but depend on fostering a sustainable relationship between employees of Bank Jatim Blitar with prospective customers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/392/051903391
Uncontrolled Keywords: Kredit Multiguna, KMG, Bank Jatim, Strategi Promosi, Promotion Mix. Multipurpose Loan, KMG, Bank Jatim, Promotion Strategy, Promotion Mix.
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.7 Credit
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:45
Last Modified: 20 Jan 2022 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170113
[thumbnail of Aprina Sari Aini (2).pdf]
Preview
Text
Aprina Sari Aini (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item