Implementasi Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Minimal Layanan Angkutan Transjakarta

Riawan, Evan Aufar (2018) Implementasi Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Minimal Layanan Angkutan Transjakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemacetan merupakan masalah klasik di Jakarta, salah satu solusi mengurangi angka kemacetan di Jakarta yaitu dengan optimalisasi layanan transportasi publik. Pergub No. 33 Tahun 2017 tentang SPM Layanan Angkutan Transjakarta merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan kualitas pelayanan Transjakarta sebagai salah satu penyedia layanan transportasi di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi dari kebijakan tersebut dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan menurut Charles O. Jones yang membagiimplementasikebijakan menjadi tiga aktivitas utama yaitu, organisasi, interpretasi dan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada aspek organisasi masih terdapat permasalahan dengan pemerintah kota lain menyangkut rute yang memasuki wilayah pemerintahan tersebut. (2) Pada aspek interpretasi dari kebijakan ini bahwa kebijakan sudah cukup dipahami dan dijalankan dengan baik oleh stakeholder yang terlibat. (3) Pengaplikasian kebijakan ini sudah dilaksanakan cukup baik, namun terdapat satu masalah klasik yang menjadi kendala paling besar dalam capaian SPM yaitu headway atau jarak kedatangan antar bus. Adapun faktor pendukung dari kebijakan yaitu pertama sistem pengawasan yang baik. Kedua, adanya masukan dan laporan mengenai kualitas pelayanan dari pihak lain. Ketiga, adanya pelatihan serta evaluasi rutin secara terus menerus. Sedangkan faktor penghambatnya pertama, semakin meningkatnya standar kualitas pelayanan. Kedua, rute atau trayek yang semakin luas. Ketiga, banyaknya operator bus yang masih belum memenuhi SPM. Keempat, kondisi infrastruktur jalanan yang mengganggu. Kelima, masih adanya ego sektoral antar lembaga.

English Abstract

Traffic congestion is a classic problem in Jakarta, one solution to reduce the number of traffic congestion in Jakarta is by optimizing public transportation services. Governor Regulation No. 33 of 2017 concerning Transjakarta Transport Service Minimum Service Standards is one of the efforts of the DKI Jakarta Provincial Government to improve the quality of Transjakarta services as one of the transportation service providers in Jakarta. This research is a descriptive qualitative study using the method of collecting data on interviews, observation and documentation. The purpose of this study is to find out how the implementation of the policy and to know the supporting factors and inhibitors. This study uses the theory of policy implementation according to Charles O. Jones which divides policy implementation into three main activities, namely, organization, interpretation and application. The results of the study show that (1) In the organizational aspect there are still problems with other city governments regarding routes entering the area outside DKI Jakarta. (2) In the aspect of the interpretation of this policy that policies are sufficiently understood and carried out properly by the stakeholders involved. (3) The application of this policy has been carried out quite well, but there is one classic problem which is the biggest obstacle in achieving the Minimum Service Standards, namely the headway or arrival distance between buses. The supporting factors of the policy are the first good supervision system. Second, there are inputs and reports on the quality of services from other parties. Third, there is continuous training and evaluation. While the inhibiting factors are first, the increasing standard of service quality. Second, the route or route is getting wider. Third, the number of bus operators who still do not meet the Minimum Service Standards. Fourth, the condition of road infrastructure is disturbing. Fifth, there is still a sectoral ego between institutions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/167/051902539
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Layanan, Transjakarta Implementation, Policy, Service, Transjakarta.
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.7 Public administration of commerce, communications, transportation > 354.77 Road transportation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Jul 2020 15:20
Last Modified: 21 Jul 2020 15:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170072
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item