Penyusunan Dan Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (Studi Kasus Pada Toko Meubel Zulfa Galery)

Firmansyah, Muhammad Aldi (2019) Penyusunan Dan Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (Studi Kasus Pada Toko Meubel Zulfa Galery). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor usaha yang turut dalam memajukan perekonomian di Indonesia. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi UMKM juga berperan dalam penyerapan tenaga kerja. Akan tetapi tidak banyak UMKM yang dapat bertahan lama dikarenakan terkendala dengan masalah permodalan karena tidak memiliki laporan keuangan yang dapat digunakan sebagai informasi kepada pemberi modal. Hal ini juga dialami oleh salah satu UMKM di kota Banjarbaru yaitu Toko Meubel Zulfa Galery yang tidak dapat mengakses pembiayaan dari perbankan akibat tidak dimilikinya laporan keuangan yang sesuai dengan standar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pencatatan keuangan yang dilakukan Toko Meubel Zulfa Galery saat ini dan menyusun laporan keuangan perusahaan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas, Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM). Adapun Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Toko Meubel Zulfa Galery belum memiliki laporan keuangan yang lengkap dan sesuai dengan SAK EMKM dan hanya menyusun catatan keuangan sederhana. Selanjutnya penerapan SAK EMKM pada Toko Meubel Zulfa Galery dapat diterapkan dengan mengikuti langkah-langkah yang terdapat dalam siklus akuntansi dan menggunakan basis akrual berdasarkan ketentuan yang diatur dalam SAK EMKM.

English Abstract

Mirco, Small, and Medium Enterprise (SMEs) is one of the business sectors that contributors helped to improve the economy in Indonesia. Beside a role in economic growth, (SMEs) also helped to employment in Indonesia. However, there are not many (SMEs) that can last a long time because they are constrained by capital problem because they dont have financial statement that can be used as information to capital providers. This is also experienced by one of the SMEs in the city of Banjarbaru, namely the Toko Meubel Zulfa Galery that can’t access financing from banks due to the lack of financial statement that comply with the standards. The aims of the research are to finding out of the condition of Toko Meubel Zulfa Galery financial statement and to preperation of financial statement based on the financial reporting standar for (SMEs). This type of research is a qualitative study with a case study approach. The data used in this study was obtained through documentation and interviews. The result of this research shows that Toko Meubel Zulfa Galery hasn’t had complete financial statement based on SAK EMKM and only arranges simple note of financial. Furthermore, implementation of SAK EMKM in Toko Meubel Zulfa Galery financial statement may applied by following the step contained in accounting cycle and use the accrual basis based on the financial reporting standar for SMEs

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/38/051903475
Uncontrolled Keywords: UMKM, Laporan Keuangan, SAK EMKM, Micro, Small and Medium Enterprise (SMEs), Financial Statement, SAK EMKM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.3 Financial reports (Financial statements)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:02
Last Modified: 21 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170046
[thumbnail of Muhammad Aldi Firmansyah.pdf]
Preview
Text
Muhammad Aldi Firmansyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item