Capaian Pembangunan Wisata Tambang Sumur Tua Dalam Prinsip Sustainability (Studi pada Blok Sumur Tua Wonocolo Kabupaten Bojonegoro)

Cahyaningtyas, Dwi Anggita (2019) Capaian Pembangunan Wisata Tambang Sumur Tua Dalam Prinsip Sustainability (Studi pada Blok Sumur Tua Wonocolo Kabupaten Bojonegoro). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengangkat terra pembangunan pariwisata berkelanjutan dengan blok sumur tua Wonocolo sebagai objeknya. Sumur minyak bumi tersebut dikelola secara tradisional oleh masyarakat di bawah naungan Pertamina. Namun, pengelolaan minyak bumi yang dilakukan berdampak pada rusaknya lingkungan sekitar akibat pembuangan limbah dilakukan tanpa pengolahan. Ketergantungan masyarakat Desa Wonocolo pada dunia tambang cukup tinggi dan hal ini disebabkan karena kondisi tanah di wilayah desa Wonocolo sudah tidak mampu mendukung kegiatan bercocok tanam hingga ketergantungan tersebut menimbulkan kerusakan lingkungan yang semakin parah, Pertamina EP Asset 4 Field mengubah pengelolaan blok sumur tua menjadi wisata berkelanjutan. Sejak sistem pengelolaan diubah menjadi wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro menetapkan objek wisata blok sumur tua Wonocolo menjadi ikon wisata utama di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pembangunan pariwisata berkelanjutan dilakukan pada blok sumur tua Wonocolo. Penulis menggunakan 3 aspek pembangunan pariwisata berkelanjutan menurut Alister Mathieson dan Geoffrey Wall. Ketiga aspek tersebut antara lain adalah aspek lingkungan, aspek sosial, dan aspek ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan pariwisata berkelanjutan di blok sumur tua Wonocolo dapat dianalisis menggunakan ketiga aspek di atas. Meskipun, pembangunan pariwisata berkelanjutan di blok sumur tua Wonocolo belum dilaksanakan dengan maksimal presentase keberhasilan pembangunan wisata yang diperoleh blok sumur tua Wonocolo berada diangka 84,01 %.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/363/051903036
Uncontrolled Keywords: Pembangunan pariwisata berkelanjutan, Sumur Tua, Minyak Bumi
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:07
Last Modified: 11 Sep 2019 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169993
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item